Text
Faktor - faktor yang melatarbelakangi keberhasilan celebrity endorser dalam mempengaruhi sikap positif audience terhadap produk yang diiklankan : (Studi kasus iklan cetak oli fastron dengan endorser Ananda Mikola)
Iklan merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan, karena iklan dapat memberikan informasi kepada target audiences yang luas dengan biaya yang paling efektif. Penggunaan celebrity endorser dalam iklan akan membawa dampak yang positif terhadap sebuah produk yang diiklankan. Hal ini dikarenakan sebuah iklan akan lebih mendapat perhatian dari audience-nya. Dalam penelitian ini, terdapat dua faktor yang mempengaruhi sikap audience terhadap produk yang diiklankan dengan menggunakan endorser, yaitu correspondent inferences dan attitude toward endorser. Kedua variabel tersebut berhubungan dengan tiga faktor personal yang dimiliki endorser yaitu product knowledge, sense of style, dan admiration. Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor apakah yang harus dimiliki seorang endorser dalam menciptakan sikap audience yang positif terhadap suatu produk yang diiklankan. Peneliti menggunakan iklan cetak Oli Fastron dengan endorser Ananda Mikola sebagai studi kasus dalam penelitian. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 134 orang responden pada wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 14.0 for Windows dengan menggunakan teknik analysis factor, independent sample T ? test, correlation, multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa product knowledge dan sense of style memiliki hubungan yang positif dengan correspondent inferences. Selain itu sense of style dan admiration juga memiliki hubungan yang positif dengan attitude toward endorser. Correspondent inferences dan attitude toward endorser mempengaruhi attitude toward advertised product secara signifikan.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6341 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing management Marketing communication Advertising Lubri cants |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 93 p. ; 30cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |