Perencanaan strategi pemasaran pada Balairung Hotel Jakarta
Balairung Hotel Jakarta merupakan salah satu etnik hotel, yang bertaraf internasional di Jakarta. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta yang kian meningkat, tidak diimbangi dengan jumlah tamu yang menginap di Balairung Hotel Jakarta terutama pada saat weekend dan hari libur, yang disebabkan oleh banyaknya jumlah hotel di Jakarta. Sehingga pihak manajemen perlu meninjau kembali strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Balairung Hotel Jakarta dan menemukan alternative strategi untuk menaikkan tingkat hunian Balairung Hotel Jakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus,. Analisa lingkungan perusahaan dengan analisis SWOT, analisis lingkungan eksternal menggunakan matriks EFE dan lingkungan internal menggunakan matriks IFE, kedua hasil analisis digabungkan dalam matriks IE. Responden dalam penelitian ini meliputi manajemen puncak yang berjumlah tujuh orang yang membawahi tiap tiap divisi pada organisasi Balairung Hotel Jakarta. Hasil analisis faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan dalam matriks IE menunjukkan Balairung Hotel Jakarta berada pada posisi kuadran I yaitu tumbuh dan berkembang (grow and develop). Alternatif strategi pemasaran yang bisa diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kata Kunci: Matriks SWOT, Matriks EFE dan IFE, Matrik IE, Strategi PemasarAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 005/14 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi., 2014 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Strategic management Service marketing Marketing strategy Service quality Hotels |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 127 p. : il. ; 30 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |