Text
Analisis biaya perjalanan sistem transportasi Busway Koridor 6 ( Ragunan - Halimun)
Skripsi ini membahas mengenai penghitungan dan perbandingan biaya perjalanan dari sistem transportasi busway di koridor 6 (Ragunan ? Halimun) dan pengitungan waktu tempuh kedua moda transportasi tersebut, serta perbedaan faktor ? faktor tersebut di periode sibuk dan non sibuk. Skripsi ini juga membahas karakteristik umum, ekonomi, demografi, serta pola perjalanan dari responden pengguna busway dan hubungan antar karakteristik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui moda transportasi manakah yang mempunyai biaya perjalanan (travel cost) lebih besar yang akhrinya mempengaruhi permintaan orang terhadap alat transportasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur dan membandingkan waktu tempuh dan jarak dari kedua moda transportasi yang ada sehingga peneliti bisa menganalisis perilaku perjalanan dari pengguna busway di koridor 6. Hasil penghitungan biaya perjalanan dan waktu tempuh dari kedua moda transportasi ini juga dibandingkan dalam periode sibuk dan non sibuk. Penelitian ini menggunakan metode survey wawancara langsung dengan penumpang busway di koridor 6, observasi langsung penghitungan jarak dan waktu tempuh dari kedua moda transportasi tersebut, serta studi kepustakaan dan literatur terkait dengan penghitungan biaya perjalanan dan waktu tempuh dari moda transportasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa waktu tempuh dari busway lebih cepat daripada waktu tempuh dari kendaraan pribadi. dan dalam perhitungan biaya perjalanan terbukti bahwa total travel cost dari kendaraan pribadi ternyata lebih besar dibandingkan busway walaupun busway lebih cepat dalam waktu tempuh. Hal ini disebabkan dalam penghitungan biaya perjalanan dari moda transportasi juga memasukkan faktor ? faktor yang membuat biaya perjalanan dari sistem transportasi massa khususnya busway lebih besar secara signifikan dibandingkan kendaraan pribadi. Hasil pengukuran juga menerangkan bahwa perbedaan biaya perjalanan dan waktu tempuh di periode sibuk lebih besar dibandingkan periode non sibuk. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan rekomendasi kebijakan ? kebijakan yang bisa mengurangi biaya perjalanan dari busway seperti menambah feeder dan kebijakan lain yang bisa meningkatkan disinsentif dari penggunaan kendaraan pribadi. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6803 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Cost analysis Transportation Travel cost Busway |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 142 p. : diagr., il ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |