Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen untuk perangkat lunak asli : microsoft windows XP dan microsoft Office 2007

Muhammad Yusuf - ; Sri Daryanti (Pembimbing/Promotor) - ;

Skripsi ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen untuk membeli perangkat lunak asli. Faktor-faktor tersebut adalah attitudes towards intellectual property rights (yang terdiri dari normative susceptibility, novelty seeking, dan value consciousness) serta perceived risk (yang terdiri dari prosecution risk, performance risk, dan social risk). Jenis perangkat lunak yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah Microsoft Windows XP dan Microsoft Office 2007 mengingat tingkat penggunaannya yang sangat tinggi di kalangan konsumen. Sample yang digunakan berjumlah 160 orang yang terbagi rata dalam empat klasifikasi tingkat pendidikan yang sedang dijalani, yaitu SMA, D3 atau S1, S2, dan sedang tidak bersekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner yang berisikan pertanyaan yang mewakili variabel yang diujikan serta pertanyaan tambahan untuk mengetahui karakteristik konsumen, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih perangkat lunak, sumber perangkat bajakan yang digunakan, serta berapa tepatnya rupiah yang bersedia dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli Microsoft Windows XP dan Microsoft Office 2007. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif dari keenam variabel terhadap kesediaan membayar konsumen untuk perangkat lunak asli. Variabel value consciousness menunjukkan korelasi yang paling kuat. Sedangkan variabel novelty seeking menunjukkan korelasi paling lemah yang dapat diabaikan. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
6806PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Departemen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2010
Edisi-
SubjekConsumer research
Software
Buying
Willingness to pay
Intelectual property
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxviii, 95 p. : il. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?