Text
Analisis pengaruh kebijakan garansi harga termurah terhadap persepsi keadilan pelanggan sebuah studi eksperimen atas penerapan garansiharga termurah pada Hipermarket
Hipermarket yang ada di Indonesia pada umumnya memiliki variasi barang yang sama namun memiliki keunikan campuran (assortment uniqueness) produk yang berbeda dimana banyak diantara mereka yang memiliki merk toko. Hipermarket tersebut saat ini berlomba ? lomba menawarkan garansi harga termurah. Garansi tersebut berupa pengembalian uang apabila pelanggan dapat menemukan produk identik yang lebih murah di tempat lain, dimana setiap hipermarket menawarkan tingkat pengembalian yang berbeda. Pelanggan tentu mempunyai pandangan tersendiri mengenai kebijakan tersebut. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah assortment uniqueness yang dimiliki Hipermarket dan refund depth yang mereka tawarkan mempengaruhi persepsi pelanggan akan kebijakan garansi harga termurah dan apakah persepsi tersebut juga akan mempengaruhi persepsi pelanggan akan keadilan harga. Kemudian akan dianalisis apakah persepsi akan keadilan kebijakan harga akan mempengaruhi secara langsung keinginan pelanggan untuk berbelanja, maupun tidak langsung melalui persepsi mereka akan nilai. Selain itu, penelitian ini juga akan melibatkan dugaan motif hipermarket dalam memberikan garansi harga yang dipandang oleh pelanggan, dimana akan dianalisis apakah dugaan tersebut dipengaruhi oleh assortment uniqueness dan mempengaruhi persepsi keadilan kosumen akan kebijakan dan harga. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa baik refund depth maupun assortment uniqueness mempengaruhi persepsi pelanggan akan keadilan kebijakan garansi harga termurah. Persepsi keadilan kebijakan tersebut mempengaruhi persepsi pelanggan akan keadilan harga. Selain itu, persepsi pelanggan akan kebijakan harga secara langsung mempengaruhi keinginan pelanggan untuk berbelanja dan juga secara tidak langsung melalui persepsi mereka akan nilai produk yang ditawarkan. Dari penelitian ini diketahui bahwa dugaan motif dipengaruhi oleh assortment uniqueness namun tidak mempengaruhi persepsi pelanggan akan keadilan kebijakan dan keadilan hargaAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
6816 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Price policy Consumer perception Hypermarkets Price fairness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xviii, 145 p. : il ; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |