Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis faktor kesalahan internal perusahaan terhadap perilaku berpindah konsumen dengan mempertimbangkan faktor eksternal perusahaan sebagai variabel moderasi (studi kasus : konsumen asuransi mobil di Jabodetabek)

Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Aisya Fitra Rahmadhani - ;

Tingginya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor di Indonesia bersamaan dengan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas dan tingkat kriminalitas membuat pertumbuhan industri asuransi kendaraan bermotor semakin potensial. Bertambahnya jumlah perusahaan asuransi di Indonesia tidak selalu diimbangi dengan meningkatnya kualitas jasa mereka. Banyak keluhan yang disampaikan masyarakat mengenai perusahaan asuransinya yang dapat mendorong perilaku berpindah konsumen. Dalam perusahaan jasa seperti asuransi, perilaku berpindah yang dilakukan konsumen dapat menjadi sangat vital. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa fenomena switching intention dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal perusahaan. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui 1) keesuaian replikasi model penelitian sebelumnya di Indonesia, 2) menguji pengaruh langsung deficient service quality, low perceived commitment, price unfairness, dan anger incident terhadap switching intention, 3) melihat eksisnya pengaruh variabel moderasi customer involvement, switching cost, alternative attractiveness, dan perceived wom dalam fenomena switching intention dalam konteks jasa asuransi mobil. Peneliti mengolah data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software LISREL. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel price unfairness dan anger incident memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan deficient service quality dan low perceived commitment terhadap switching intention. Sementara itu, variabel moderasi yang terlihat pengaruhnya adalah switching cost dan alternative attractiveness yang masing-masing melemahkan dan menguatkan pengaruh dari anger incident terhadap switching intention. Pembahasan, implikasi manajerial, dan saran juga dibahas dalam penelitian ini.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
7050PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Progran Studi Departemen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2010
Edisi-
SubjekInsurance companies
Consumer behaviour
Switching Intention
Stuctural equation modeling
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 174 p. : il. ; 30 cm & lamp
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?