Text
Competitiveness analysis of Indonesian & Malaysian palm oil products in selected major markets : Study of comparative advantage and constant market share analysis in China, EU, and India
Indonesia berhasil unggul mengalahkan Malaysia yang merupakan pesaing terberatnya dan menjadi produser dan exporter minyak kelapa sawit terbesar dunia di tahun 2006. Tetapi dalam hal spesialisasi produk, Indonesia terbukti hanya kompetitif di sektor CPO, tidak di minyak kelapa sawit olahan. Hal ini terjadi karena adanya sumber daya yang berlimpah dan kebijakan perdagangan yang merupakan keunggulan komparatif Indonesia. Dengan persaingan yang ada antara Indonesia dan Malaysia, penting untuk Indonesia membangun strategi untuk mempertahankan posisinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui keunggulan komparatif dan mengevaluasi kinerja eskpor dari produk minyak kelapa sawit Indonesia dan Malaysia menggunakan Revealed Comparative Advantage (RCA) Index danConstant Market Share (CMS)di pasar terbesarnya: China, EU, dan India. Studi ini juga ingin menjelaskan tidak hanya hasil kualitatif tetapi juga kebijakan perdagangan yang memperlihatkan bahwa keunggulan itu dipengaruhi oleh factor lain yang mana Indonesia terbukti lebih unggul dari Malaysia di kedua periode penelitian (2000-2005 dan 2005-2010).Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
7965 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Departemen Studi Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia., 2012 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Competitive advantage Exports Market share Competitiveness analysis |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xviii, 93 p., 14 p. : diagr.; 30 cm & lamp |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |