Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis biaya operasional PT Garuda Indonesia (Persero) TBK. melalui pendekatan target costing dengan bisnis time-driven activity-based costing dalam upaya peningkatan profitabilitas

Elvia Rosantina Shauki (Pembimbing/Promotor) - ; Luh Cinthia Fatma Dewi - ;

Penelitian ini berawal dari dari permasalahan yang timbul dari adanya penurunan profitabilitas PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. secara signifikan di tahun 2013 mencapai 89,89%. Disaat yang bersamaan, pendapatan perusahaan justru mengalami peningkatan sebesar 7%. Penelitian akan ditujukan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan signifikan profitabilitas perusahaan, mengingat profitabilitas sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama penurunan profitabilitas adalah karena adanya peningkatan beban operasional mencapai 10,75%, yang secara nominal jauh melebihi pendapatannya. Peningkatan ini terutama berasal dari beban bahan bakar (fuel costs) yang mengambil proporsi sekitar 40% dari total biaya, dan beban operasional penerbangan dengan proporsi 25% dari total biaya. Adanya kenaikan beban bahan bahan bakar terutama disebabkan oleh peningkatan blockhours yang signifikan sebesar 23,8% karena di tahun 2013 harga avtur cenderung turun. Kenaikan presentase pendapatan yang tidak sebanding dengan biaya operasional, terutama disebabkan oleh pembentukan harga yang tidak mencerminkan biaya akibat kurang efektifnya pengalokasian biaya ke dalam biaya per unit. Atas kurang efektifnya sistem alokasi biaya, maka direkomendasikan pengaplikasian pendekatan target costing yang didasarkan pada metode Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC). Melalui pendekatan ini, didapatkan hasil bahwa pengalokasian biaya per unit lebih mencerminkan komposisi biaya yang sebenarnya.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
9089PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2015
Edisi-
SubjekManagement accounting
Airlines
Profitability
Activity based costing
Operational costs
Target costing
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxvi, 124 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?