Text
Pengaruh persepsi motif corporate social responsibility perusahaan terhadapkepercayaan dan kepuasan pelanggan : Analisis pelanggan grabtaxi dan alfamart
Dengan semakin populernya kegiatan CSR, motif perusahaan untuk melakukan CSR menjadi semakin kompleks. Terdapat keinginan perusahaan untuk secara tulus membantu lingkungan sosial, namun terdapat pula tuntutan dari berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan kegiatan CSR yang bersifat strategis bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelanggan kepada CSR perusahaan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan, yang kemudian mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini membandingkan dua kegiatan CSR yang berbeda, yaitu cause-related marketing dan donasi pelanggan (filantropi) yang dilakukan oleh GrabTaxi dan Alfamart. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada konteks cause-related marketing pelanggan mampu menerima bahwa motif perusahaan tidak murni untuk menolong lingkungan sosial, namun juga untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Namun sebaliknya, pada konteks donasi pelanggan, persepsi bahwa kegiatan CSR dilakukan untuk kepentingan perusahaan secara signifikan mengurangi kepuasan pelanggan, sementara motif murni untuk menolong lingkungan sosial meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
9345 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2015 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Corporate strategy Consumer satisfaction Consumer perception Consumer trusts Corporation social responsibility Alfamart |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 249 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |