Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis dampak kebijakan improved runway capacity 72 pada delay penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

M. Halley Yudhistira (Pembimbing/Promotor) - ; Jamilah, Huda - ;

Pertumbuhan dari transportasi udara mengindikasikan bahwa dalam beberapa dekade terakhir industri ini memiliki peranan pada ekonomi regional dan integrasi pada perekonomian dunia. Industri penerbangan terus tumbuh dengan cepat meski tidak bersamaan dengan pertumbuhan profitabilitas yang kuat dan konsisten akibat persaingan yang ketat (Belobaba, 2009). Namun, pertumbuhan ini menghadapi sebuah tantangan yang besar untuk maskapai, bandara, pembuat kebijakan dan politisi. Masalah khusus yang dihadapi adalah pertumbuhan permintaan pada jasa penerbangan tidak diiringi oleh pertumbuhan yang respektif dari kapasitas bandara. Oleh sebab itu, banyak bandara di seluruh dunia mengalami kekurangan kapasitas. Dampak dari kurangnya kapasitas bandara adalah terjadinya congestion atau kepadatan, baik di udara maupun di darat akibat antrinya pesawat untuk lepas landas dan mendarat yang menyebabkan delay. Salah satu kebijakan yang ditempuh oleh PT. Angkasa Pura II dan PT. AirNav Indonesia adalah melalui kebijakan Improved Runway Capacity 72. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi penurunan tingkat delay penerbangan per menit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penurunan tingkat delay penerbangan per menit pada penerbangan domestik lebih tinggi dibandingkan tingkat penerbangan internasional, dan penurunan tingkat delay penerbangan per menit untuk leg keberangkatan lebih tinggi dibandingkan leg kedatangan.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
9695PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2016
Edisi-
SubjekPolicy analysis
Air transport
Airport
Flight
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 70 p., 15 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?