Text
Pengaruh karakteristik konsumen serta swtimulus pemasaran terhadap intensi untuk membeli produk jangka panjang
Penelitian ini menunjukkan bahwa intensi untuk membeli produk jangka panjang merupakan hasil dari interaksi antara dua faktor yaitu: faktor internal (karakteristik konsumen) dan faktor ekstemal (stimulus kognitif). Adapun karakteristik konsumen yang diteliti dalam penelitian ini adalah d ef e nsiv e p essimism, sedangkan stimulus kognitifnya adalah mindset priming, level of construals priming dan self regulatory focus priming. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang mempunyai d ef ensive p essimism tinggi mempunyai intensi untuk membeli produk jangka panjang yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang mempunyai d ef e nsiv e p essimism rendah. Lebih jauh lagi, hasil dari tiga ekperimen yang dilakukan dalam penelitian ini juga menyimpulkan bahwa orang dengan tingkat d efensiv e p es simism tinggi bila distimulasi dengan delibe rative mindse t priming, high l evel c onstrual primin g dan prevention priming, maka intensinya untuk membeli produk jangka panjang akan meningkat. Sebaliknya, intensi untuk membeli produk jangka panjang orang dengan tingkat d ef e nsive pessimism rendah, akan meningkat bila distimulasi dengan promotion priming. Selain mengungkapkan adanya mekanisme kognitif yang melatar belakangi kendali (kemampuan untuk menunda kesenangan demi kepentingan masa depan yang lebih besar) yang direpresentasikan oleh intensi untuk membeli produk jangka panjang, penelitian ini juga menunjukkan adanya implikasi teoritis dan implikasi manajerial dari interaksi antara dua faktor tersebut. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 260 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing management Consumer research Consumer behaviour Banking |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 499 p. Diagr., il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |