Text
Hiperrealitas dalam pemasaran : pengaruh hiperrealitas jenis tutup kepala penyanyi pada cover album lagu dan bahasa lirik lagu terhadap emosi religius dan minat membeli
Konsumen memberikan makna terhadap tanda dan simbol yang terdapat pada produk dan pada media yang digunakan oleh pemasar dalam memasarkan produknya. Suatu tanda atau simbol yang bermakna profan, pada sebagian konsumen dapat menjadi bermakna sakral. Melalui pendekatan konsep hiperrealitas dan semiotik, penelitian ini mencoba mengetahui apakah terjadinya hiperrealitas atas tanda atau simbol yang terdapat pada produk, dapat mempengaruhi emosi religius dan minat membeli konsumen. Semakin meningkatnya minat membeli masyarakat muslim Indonesia terhadap produk terkait keagamaan, adalah fenomena yang mendasari dipilihnya emosi religius dan minat membeli sebagai variabel terikat dari penelitian. Obyek penelitian yang digunakan adalah album religi Islami, dengan jenis tutup kepala yang digunakan penyanyi pada cover album lagu religi dan jenis bahasa lirik lagu religi sebagai variabel bebas. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Kontribusi secara teoritis yang diperoleh adalah bahwa hiperrealitas jenis tutup kepala penyanyi pada cover album lagu dan jenis bahasa lirik berpengaruh terhadap emosi religius dan minat membeli konsumen. Penerapan konsep hiperrealitas pada produk profan oleh pemasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap konsumsi kesakralan merupakan implikasi manajerial dari penelitian yang dilakukan. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 274 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Buying Intention to buy Hypereality Symbol Semiotic |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 188 p. diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |