Text
Motivation, opportunity, dan ability (MOA) sebagai anteseden bagi interaksi antar pengguna situs jaringan pertemaman sosial dan implikasinya bagi persepsi nilai keanggotaan dan loyalitas anggota perspektif pemasaran internet
Keberadaan internet (international network) dalam kehidupan manusia dimulai sekitar era 1950 dan kemudian memungkinakn pertukaran data dan komunikasi para akademisi. Perkembangan selanjutnya dari internet memungkinkan untuk menampilkan beragam bentuk infonnasi seperti pesan dan gambar serta menciptakan suatu dunia tanpa batas yang lebih dikenal dengan dunia maya (cyberspace). Salah satu fenomena yang muncul karena kehadiran internet adalah lahimya virtual community dimana anggota saling bertukar infonnasi di dalamnya. Komunitas ini dapat lahir di dalam situs jaringan pertemanan sosial. Peristiwa mencari teman/pasangan sebenarnya juga tennasuk dalam fenomena pemasaran yang disebut partner seeking behavior, dimana setiap pihak yang terlibat akan mempertukarkan sesuatu yang dianggap bernilai. Di dalam komunitas ini muncul jenis pertukaran barn, yaitu pertukaran infonnasi. Dalam ranah pemasaran masih sedikit penelitian tentang pertukaran infonnasi dalam suatu virtual community. Dalam konteks pertukaran infonnasi ada dua sisi pandang dalam penelitian yaitu inside out dan ouside in. Sisi pandang inside out melihat dari faktor pembentuk dari dalam diri pelanggan hingga akhimya perilaku yang ditampakan. Sedangkan sisi pandang outside in melihat dari peran website dan sistem guna membentuk perilaku pelanggan. Penelitian ini memadukan kedua sisi pandang tersebut sehingga lebih komprehensif. Dari sisi pandang inside out digunakan pendekatan teori motivation opportunity dan ability (MOA) yang mendorong pertukaran hingga loyalitas anggota, sedang dari sisi pandang outside in digunakan pendekatan karakteristik sistem yang mempengaruhi pembentukan nilai hingga loyalitas. Penelitian dilakukan pada anggota situs jaringan pertemanan sosial facebook dan friendster dengan teknik sampling snowball, dan jumlah reponden sebanyak 256 orang. Teknik multivariat yang digunakan adalah structural equation modelling dengan pendekatan dua tahap. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan ability berpengaruh signifikan dalam mendorong pertukaran infonnasi . Ability merniliki pengaruh lebih besar dalam mendorong pertukaran informasi, dan pertukaran infonnasi dapat mempengaruhi loyalitas secara langsung atau tidak dengan melalui nilai keanggotaan. Dari karakteristik sistem hanya kualitas infonnasi yang berpengaruh signifikan pada pembentukan nilai hingga Ioyalitas anggota sehingga dapat dikatakan pandangan inside out lebih dominan dibanding outside in . .
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 276 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Consumer loyalty Internet Marketing Virtual community Information exchange |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xviii, 272 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |