Text
Pengaruh ketidakpastian lingkungan, orientasi pasar, kapabilitas organisasi, dan keunggulan posisi stratejik terhadap kinerja : Studi empirik Perusahaan Efek di Industri Pasar Modal Indonesia
Disertasi ini menelaah faktor-faktor yang dapat membangun keunggulan daya saing bagi perusahaan efek pada industri pasar modal di Indonesia dalam lingkungan usaha yang senantiasa bergejolak dan tidak bersahabat; serta menguji pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini mengkonstruksi pembuatan strategi (strategic making) perusahaan efek dalam bentuk keunggulan posisi strategik, dari integrasi berbagai disiplin dari ilmu manajemen, karena teori tentang strategi perusahaan efek belum dikembangkan sampai saat ini. Penelitian dilakukan secara kuantitatif berdasarkan kuesioner yang dikembangkan dari penelitian terdahulu. Sebanyak 114 kuesioner yang direspons pimpinan perusahaan efek, lalu dianalisis menggunakan ANOV A dan Structural Equation Modeling (SEM). Data telah mendukung 4 (em pat) dari 5 (lima) hipotesis yang diajukan; antara lain, ketidakpastian lingkungan berpengaruh signifikan pada orientasi pasar yang diterapkan perusahaan efek; dan keunggulan posisi strategik berpengaruh signifikan pada kinerja perusahaan efek . Kontribusi teoritik dari penelitian ini adalah memperkaya penelitian keunggulan posisi stratejik yang selama ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang mengabaikan pengaruh lingkungan ekstemal. . Sedangkan kontribusi manajerial adalah pimpinan perusahaan efek perlu mengubah pola pikir bisnisnya dari transactional advantag e (kepentingan jangka pendek) kepada sustainable competitive advantage (jangka panjang). Sebagai kontribusi pada kebijakan publik disarankan kepada Otoritas Industri untuk: (1) memberikan insentif pajak kepada emiten agar kinerjanya meningkat, dan akan lebih banyak menarik perusahaan tertutup untuk go public; (2) meningkatkan anggaran otoritas pasar modal agar bisa lebih banyak promosi dan sosialisasi mengenai risk and reward pasar modal; (3) mendirikan jurusan khusus pasar modal yang lebih banyak lagi bekerja sama dengan universitas terkemuka; (4) mendirikan Lembaga Pendidikan Pasar Modal Indonesia seperti LPPI yang didirikan Bank IndonesiaAda tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 284 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2009 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Corporate strategy Capital markets Company performance Market orientation Organizational capability Environmental uncertainty |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 184 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |