Text
Examining the followers' influence on leaders' performance : A "Reverse" Pygmalion perspective
Penelitian ini membahas mengenai followership dan peranan pentingnya dalam proses-proses kepemimpinan (leadership). Kebanyakan teori dan penelitian tentang kepemimpinan terfokus pada pemimpin itu sendiri dan mengabaikan perananfollowers. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti-bukti empiris terhadap peranan dan kemampuan follower untuk mempengaruhi kinerja pimpinan , sehingga membuktikan keberadaan efek Pymalion yang arahnya terbalik (reversed) dari follower ke leader. Dengan menggunakan teori image compatibility, leader-member exchange (LMX), upward influence, dan leaders' performance, penelitian ini membahas hubungan kompatibilitas antara citra ideal seorang leader dan citra actual yang dilihat oleh followers dengan tingkat persepsi LMX dari followers. Keberadaan hubungan ini akan mempengaruhi taktik influence yang akan dilakukan oleh followers kepada pimpinannya, yang pada akhimya akan berdampak pada kinerja kepemimpinan yang diukur berdasarkan praktek-praktek manajerial dan perilaku pimpinan . Penelitian ini dilakukan di PT XL Axiata Tbk. (XL) dengan sample dari 162 hubungan dyadic atasan-bawahan. Data dikumpulkan dari survei kepada para pegawai XL dengan beragam latar belakang jenis pekerjaan dan lokasi geografis. Data kemudian diolah dengan metoda Structural Equation Modeling (SEM) dan dilengkapi dengan wawancara langsung untuk tahapan analisis datanya. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa kompatibilitas citra yang dimiliki olehfollowers terhadap pimpinannya berhubungan positif dengan tingkat persepsi LMX mereka. Pada keadaan dimana hubungan ini terjadi,followers akan melakukan influence kepada pimpinan mereka dengan menggunakan taktik inspirational appeal, yang berdampak positif pada kinerja pimpinan dilihat dari perilaku role model mereka. Ketika persepsi followers terhadap kualitas LMX tidak tinggi, para followers menggunakan taktik rational appeal dan legitimating untuk menginfluence pimpinan mereka. Taktik-taktik lain seperti coalition, ingratiation, dan personal appeal jarang dipakai karena tidak sesuai dengan praktek manajemen dan situasi organisasi di XL. Temuan ini berimplikasi kepada pentingnya perusahaan untuk lebih memberdayakan followers mereka agar mempengaruhi pimpinan untuk berkinerja lebih baik. Juga terhadap para pimpinan agar lebih mengenal followers mereka ( dalam segi kompatibilitas citra, ekspektasi, dan tipologi) untuk dapat menjalin hubungan yang sating produktif. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
D 286 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2010 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Leadership Structural equation modeling Followership Image compatibility Leader performance |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 261 p. : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |