Text
Perilaku cost stickiness manajer dan pengaruh insentif target laba
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku cost stickiness dan pengaruh insentif target laba. Cost stickiness adalah salah satu fenomena asimetri biaya, yaitu peningkatan biaya ketika penjualan meningkat lebih besar dibanding penurunan biaya ketika penjualan menurun. Hal tersebut terjadi karena keputusan yang diambil oleh manajer terhadap penentuan biaya. Manajer cenderung menurunkan biaya lebih kecil ketika penurunan penjualan karena adanya biaya penyesuaian dan ekspektasi manajer terhadap peningkatan penjualan di masa depan. Perilaku cost stickiness juga diperkuat dengan adanya insentif manajer untuk membangun empire building. Namun dengan adanya insentif target laba akan menghilangkan perilaku cost stickiness. Pengujian dilakukan pada 123 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan perusahaan manufaktur di Indonesia terindikasi cost stickiness, namun perusahaan dengan manajer yang memiliki insentif untuk menghindari kerugian dan meningkatkan laba akan menghilangkan sticky cost.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
10240 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Managers Earnings Incentive Cost stickiness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 80 - p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |