Text
Dampak jenis imitsasi dan negara asal imitator pada sikap konsumen terhadap merk original
Tulisan ini bertujuan mengkaji dampak imitasi fitur atau tema pada sikap konsumen terhadap merek original. Banyak merek tiruan yang digunakan oleh (original) merek terkemuka untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan fitur atau tema imitasi memberikan kontribusi bagi keberjasilan merek peniru. Penelitian ini lebih membahas apakah negara asal yang berbeda menghasilkan efek yang berbeda pada merek asli. Berdasarkan konsep spill-over, penelitian ini merancang percobaan untuk menguji dampak ditiru oleh merek peniru pada merek asli. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan partisipan sebanyak 120 mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek tirun mengurangi derajat sikap konsumen terhadap merek asli. Konsumen cenderung mengasosiasikan copycat brand dengan merek original. Reputasi positif yang dimiliki merek asli dipudarkan oleh copycat brand dengan merk original. Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa fitur imitasi memiliki dampak negatif yang lebih besar pada sikap konsumen terhadap merek asli dibandingkan dengan imitasi tema. Imitasi tema tidak secara ekslusif terasosiasikan dengan merek original. Imitasi fitur dilakukan dengan mengimitasi fitur fitur yang selama ini digunakan oleh merek original secara mencolok, sehingga konsumen mengalami reaktansi psikologis. Berbeda dengan prediksi peneliti, merek peniru berasal dari negara maju menimbulkan dampak negatif yang lebih besar dibandingkan dengan negara berkembang, hal ini terjadi diduga, karena persepsi konsumen bahwa negara maju mampu melakukan creative imitation, sehingga imitasi yang dilakukan relatif sulit diindentifikasi oleh konsumen dan menyebabkan mereka meragukan keaslian dan kualitas dari merek original. Temuan ini berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan bahea dampak negatif imitasi yang dilakukan oleh negara maju tidaklah separah bila dibandingkan imitasi yang dilakukan oleh merek dari negara berkembang. .
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia., 2014 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Country of origin Type of imitation Original brand Attitude toward the original brand |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |