Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Kajian pengukuran kepuasaan pelanggan : konsep, metode, dan cara penghitungandalam paradigma expectancy disconfirmation theory

Heruwasto, Ign - ;

Tidak dapat diragukan lagi bahwa banyak orang percaya dengan premis yang menyatakan, memberikan kepuasan kepada konsumen akan memberikan manfaat besar perusahaan/industri/pemerintah/dan masyarakat. Pentingnya konsep kepuasaan pelanggan dalam suatu usaha tidak dapat dipungkiri lagi. Konsep ini kepuasaan pelanggan dalam suatu usaha tidak dapat dipungkiri lagi. Konsep ini digunakan sebagai strategi persaingan perusahaan dalam mensejahterakan konsumen untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaan. Ribuan buku telah ditulis mengulas topik kepuasaan pelanggan, namun sampai saat ini masih terjadi kekurangan dalam metode pengukuran, karena begitu banyak alternatif pengukuran. Tulisan ini mengulas berbagai artin dari konsep tersebut serta metode penelitian dan penghitungan statistik yang dapat digunakan di dalam penelitian. Selanjutnya kajian ini mengambil kesimpulan mengenai metode yang paling tepat untuk dapat dipergunakan di dalam penelitian . Selanjutnya kajian ini mengambil kesimpulan mengenai metode yang paling tepat untuk dapat dipergunakan dalam penelitian di kalangan bisnis dan akademik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 6 alternatif metode penelitian kepuasaan pelanggan, dimana setiap metode memberikan hasil skor indeks yang tidak sama. Secara umum, sebagai kesimpulannya adalah metode bertanya secara langsung mengenai kepuasaan menjadi metode yang paling tepat untuk digunakan. Menanyakan langsung kepuasan terhadap berbagai hal atau atribut, lebih dapatdipertanggungjawabkan secara konsep atau contruct validity, dan mudah diimplementasikan di lapangan. Penelitian ini juga mengungkapkan berbagai kelemahan dalam setiap metode pengukuran, dan menjelaskan adanya beberapa kelemahan dalam setiap metode pengukuran, dan menjelaskan adanya beberapa potensi kesalahan yang sering terjadi dalam penelitian kepuasan pelanggan. Agar hasil penelitiannya dapat memberikan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka para peneliti perlu menentukan metode yang tepat sesuai dengan tujuan peneltian mereka. Penelitian ini tidak hanya berguna untuk menyempurnakan penelitian kepuasaan dalam ranah marketing (pemasaran), namun juga dapat digunakan dalam penelitian kepuasaan karyawan, kepuasaan masyarakat, dan penelitian kepuasaan lainnya di luar ranah pemasaran..


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
PSB lt.2 - Karya Akhir1
Penerbit: Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia 2014
Edisi-
SubjekMarketing research
Customer Satisfaction
Customer satisfaction measurement
Expectancy disconfirmation
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?