Text
Kajian pengukuran kepuasaan pelanggan : konsep, metode, dan cara penghitungandalam paradigma expectancy disconfirmation theory
Tidak dapat diragukan lagi bahwa banyak orang percaya dengan premis yang menyatakan, memberikan kepuasan kepada konsumen akan memberikan manfaat besar perusahaan/industri/pemerintah/dan masyarakat. Pentingnya konsep kepuasaan pelanggan dalam suatu usaha tidak dapat dipungkiri lagi. Konsep ini kepuasaan pelanggan dalam suatu usaha tidak dapat dipungkiri lagi. Konsep ini digunakan sebagai strategi persaingan perusahaan dalam mensejahterakan konsumen untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaan. Ribuan buku telah ditulis mengulas topik kepuasaan pelanggan, namun sampai saat ini masih terjadi kekurangan dalam metode pengukuran, karena begitu banyak alternatif pengukuran. Tulisan ini mengulas berbagai artin dari konsep tersebut serta metode penelitian dan penghitungan statistik yang dapat digunakan di dalam penelitian. Selanjutnya kajian ini mengambil kesimpulan mengenai metode yang paling tepat untuk dapat dipergunakan di dalam penelitian . Selanjutnya kajian ini mengambil kesimpulan mengenai metode yang paling tepat untuk dapat dipergunakan dalam penelitian di kalangan bisnis dan akademik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 6 alternatif metode penelitian kepuasaan pelanggan, dimana setiap metode memberikan hasil skor indeks yang tidak sama. Secara umum, sebagai kesimpulannya adalah metode bertanya secara langsung mengenai kepuasaan menjadi metode yang paling tepat untuk digunakan. Menanyakan langsung kepuasan terhadap berbagai hal atau atribut, lebih dapatdipertanggungjawabkan secara konsep atau contruct validity, dan mudah diimplementasikan di lapangan. Penelitian ini juga mengungkapkan berbagai kelemahan dalam setiap metode pengukuran, dan menjelaskan adanya beberapa kelemahan dalam setiap metode pengukuran, dan menjelaskan adanya beberapa potensi kesalahan yang sering terjadi dalam penelitian kepuasan pelanggan. Agar hasil penelitiannya dapat memberikan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka para peneliti perlu menentukan metode yang tepat sesuai dengan tujuan peneltian mereka. Penelitian ini tidak hanya berguna untuk menyempurnakan penelitian kepuasaan dalam ranah marketing (pemasaran), namun juga dapat digunakan dalam penelitian kepuasaan karyawan, kepuasaan masyarakat, dan penelitian kepuasaan lainnya di luar ranah pemasaran..
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia., 2014 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing research Customer Satisfaction Customer satisfaction measurement Expectancy disconfirmation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |