Text
Analisis pengaruh parasocial interaction dengan youtube vloggers terhadap perception dan purchase intention luxury fashion brand
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana video blog (vlog) mampu mempengaruhi presepsi konsumen dan keinginan untuk membeli luxury fashion brand. Studi ini berfokus pada Youtube, salah satu video sharing site yang memfasilitasi penggunanya untuk menonton dan mengupload video ke halamannya. Dengan menggunakan parasocial interaction (PSI) dan social comparison sebagai kerangka teori, studi ini mengusulkan model yang melihat pengaruh dari karakteristik youtube vlogger (Social Attractiveness, Physical Attractiveness, dan Attittude Homophily) terhadap PSI; PSI terhadap luxury brand perception (Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury) dan brand purchase intention. Peneliti melakukan pilot test terlebih dahulu dengan uji statistik freidman test untuk menentukan Youtube Vlogger yang digunakan dalam penelitian ini. Kemudian, peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) untuk main test. Hasil penelitian memperlihatkan karakteristik dari youtube vlogger yaitu social attractiveness dan attitude homophily dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Namun karakteristik youtube vlogger physical attractiveness tidak memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Sementara, parasocial interaction dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap brand luxury perception (Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury) yang kemudian memberikan pengaruh positif pada purchase intention.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
10312 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brands Consumer perception Purchase intention Luxury brand |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xix, 238 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |