Text
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian mengenai pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) di perusahaan-perusahaan Indonesia. Penelitian ini membagi CSR menjadi yang dua karakteristik yaitu CSR Inti dan Umum. CSR inti adalah CSR yang memperlihatkan kinerja nyata dan CSR Umum adalah pengungkapan CSR yang bersifat umum atau mudah untuk dimanipulasi. Sampel yang digunakan adalah 102 perusahaan dari semua sektor industri dengan klasifikasi GCIS yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015. Pengukuran CSR dilakukan dengan analisis isi laporan keuangan yang memakai koding Clarkson et al. (2008) modifikasi. Kemudian penelitian ini juga menguji hubungan antara CSR Inti dan Umum dengan biaya tanggung jawab sosial serta price to book ratio 2015 dan 2016. Hubungan ini diuji dengan Spearman rank correlation test. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa jumlah pengungkapan CSR di Indonesia masih rendah dan tingkat pengungkapan CSR Umum lebih tinggi secara signifikan daripada CSR Inti. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada perbedaan signifikan antara tingkat pengungkapan high profile dan low profile industry. Ditemukan pula bahwa CSR Inti memiliki hubungan positif dengan biaya CSR di keseluruhan industri, dan pada industri high profile, CSR Umum memiliki hubungan positif signifikan dengan biaya CSR. Selain itu ditemukan hubungan positif signifikan antara CSR Inti price to book ratio 2016 pada jenis industri high profile.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
10644 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Corporate social responsibility Cost Disclosure CSR Price to Book Ratio |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xii, 112 p. ; ill. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |