Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Efektivitas penggunaan media sosial terhadap performa UMKM Indonesia

Putritama, khansa Zera - ; T.M. Zakir Machmud (Pembimbing/Promotor) - ;

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan salah satu jenis usaha yang cukup berperan penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan akan semakin berkembang secara maksimal dengan penggunaan media sosial sebagai instrumen bisnis untuk meningkatkan profit usaha sebagai indikator untuk mengukur performa UMKM. Media sosial dapat membantu UMKM dalam membangun brand identity serta menjual produk yang diproduksi secara lebih mudah dengan biaya produksi yang relatif murah. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah menggunakan metode regresi instrumental variable (IV) untuk mendeteksi adanya hubungan endogen antara penggunaan media sosial oleh UMKM sebagai variabel utama penelitian dengan profit usaha sebagai variabel dependen penelitian. Hasil studi menemukan bahwa secara statistik penggunaan media sosial signifikan meningkatkan profit UMKM secara umum. Namun pengaruh penggunaan media sosial tersebut terhadap profit akan berbeda jika UMKM dibagi berdasarkan skala usaha (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan sektor usaha (usaha sektor makanan, pakaian, dan kerajinan tangan), dimana hanya profit usaha mikro yang signifikan meningkat saat menggunakan media sosial sedangkan profit ketiga sektor usaha, yaitu usaha makanan, pakaian, dan kerajinan tangan, signifikan meningkat saat menggunakan media sosial. Hasil studi ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi-strategi untuk meningkatkan keterlibatan UMKM menggunakan media sosial. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
10953PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekPerformance
Social media
Small enterprises
Profitability
Instrumental variable
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxv, 76 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?