Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh cultural event, struktural elements, even brand, dan place brand dari dieng culture festival terhadap pembentukan destination image yang memengaruhi behavioral intention pada wisata dieng

Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Maharani, Hamida Mutia - ;

Indonesia sebagai negara dengan cultural resources tertinggi di ASEAN memiliki kesempatan untuk memanfaatkan cultural resources yang dimilikinya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan event. Event merupakan penggerak wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk memperoleh pelayanan di destinasi wisata. Penelitian ini fokus pada kontribusi cultural events dan elemen lain dalam destinasi wisata terhadap pembentukan destination image yang dapat menghasilkan positive behavioral intention. Penelitian ini menggunakan PLSSEM untuk menganalisis pengaruh cultural events, cultural event brand, place brand, dan structural element terhadap affective dan cognitive image sebagai bidimensional model dari destination image. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah mengunjungi Dieng Culture Festival 6,7, atau 8, sebuah cultural event yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Dieng dan menjadi salah satu cultural event terbesar di Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. Penelitian ini menemukan bahwa place brand dan structural element berpengaruh signifikan terhadap pembentukan cognitive dan affective image. Variabel lain, yakni cultural events dan event brand hanya berpengaruh signifikan terhadap affective image. Selanjutnya, kedua dimensi destination image, yaitu affective image dan cognitive image berpengaruh signifikan terhadap overall image (destination image). Dalam kasus Dieng dan Dieng Culture Festival, affective image berpengaruh lebih besar terhadap pembentukan overall image. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa overall image berpengaruh signifikan terhadap positive behavioral intention (intention to revisit dan intention to recommend) wisatawan terhadap destinasi wisata. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
10955PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekTourism
Destination image
Behavior intention
Behavior
Cultural event
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxv, 142 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?