Text
Pengaruh cultural event, struktural elements, even brand, dan place brand dari dieng culture festival terhadap pembentukan destination image yang memengaruhi behavioral intention pada wisata dieng
Indonesia sebagai negara dengan cultural resources tertinggi di ASEAN memiliki kesempatan untuk memanfaatkan cultural resources yang dimilikinya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan event. Event merupakan penggerak wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk memperoleh pelayanan di destinasi wisata. Penelitian ini fokus pada kontribusi cultural events dan elemen lain dalam destinasi wisata terhadap pembentukan destination image yang dapat menghasilkan positive behavioral intention. Penelitian ini menggunakan PLSSEM untuk menganalisis pengaruh cultural events, cultural event brand, place brand, dan structural element terhadap affective dan cognitive image sebagai bidimensional model dari destination image. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah mengunjungi Dieng Culture Festival 6,7, atau 8, sebuah cultural event yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Dieng dan menjadi salah satu cultural event terbesar di Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. Penelitian ini menemukan bahwa place brand dan structural element berpengaruh signifikan terhadap pembentukan cognitive dan affective image. Variabel lain, yakni cultural events dan event brand hanya berpengaruh signifikan terhadap affective image. Selanjutnya, kedua dimensi destination image, yaitu affective image dan cognitive image berpengaruh signifikan terhadap overall image (destination image). Dalam kasus Dieng dan Dieng Culture Festival, affective image berpengaruh lebih besar terhadap pembentukan overall image. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa overall image berpengaruh signifikan terhadap positive behavioral intention (intention to revisit dan intention to recommend) wisatawan terhadap destinasi wisata. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
10955 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2018 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Tourism Destination image Behavior intention Behavior Cultural event |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xv, 142 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |