Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Intensi, potensi, preferensi, dan kontribusi wakaf uang secara online pada generasi milenial Muslim Indonesia : pendekatan theory of planned behaviour

Rahmatina Awaliah Kasri (Pembimbing/Promotor) - ; Chaerunnisa, Syafira Rizma - ;

Seiring perkembangan zaman, ranah perwakafan telah memanfaatkan kemajuan teknologi dimana beberapa lembaga wakaf di Indonesia telah menyediakan online platform untuk pengumpulan dana wakaf. Hal tersebut seharusnya dapat menarik perhatian dari generasi milenial yang identik dengan teknologi. Akan tetapi, pengumpulan wakaf uang di Indonesia hingga saat ini masih relatif kecil dan jauh dari potensinya. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat milenial muslim di Indonesia untuk berwakaf dalam bentuk uang secara online dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui potensi wakaf uang dan kontribusinya terhadap pembangunan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel 418 orang milenial muslim yang berdomisili di 6 kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Balikpapan). Hasil analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menunjukkan bahwa semua variabel TPB yakni Sikap, Norma subjektif dan Persepsi atas Kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap minat milenial muslim di Indonesia untuk berwakaf online dengan Persepsi atas Kontrol Perilaku sebagai faktor yang paling dominan berpengaruh. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh karakteristik generasi milenial yang melek teknologi dan cenderung mementingkan kepraktisan, kecepatan serta fleksibilitas sehingga faktor kemudahan/kesulitan menjadi faktor yang paling berpengaruh. Potensi dan kontribusi wakaf uang berbasis online dari milenial muslim Indonesia cukup tinggi yaitu sekitar Rp 1,350 Trilyun per tahun. Selain itu, berdasarkan preferensi mereka, urutan sektor prioritas yang bersedia dibiayai dari dana wakaf online adalah pendidikan, kesehatan, keagamaan, dan sektor-sektor lainnya. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi lembaga-lembaga wakaf untuk menyusun strategi optimalisasi pengumpulan wakaf uang, terutama dari kalangan milennial, serta memperkaya literatur ekonomi Islam terkait wakaf uang. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11.363PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekWaqf
Cash
Theory of planned behaviour
Moslem
Millenial generation
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 159 p. : il. ; 30 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?