Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

B2C vs C2C : premium willingness to pay diantara dua model bisnis E-commerce

Chaikal Nuryakin (Pembimbing/Promotor) - ; Faishal, Muhammad - ;

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan yaitu, untuk melihat determinan yang memengaruhi Willingness to Pay (WTP) suatu produk saat berbelanja online dan melihat Premium dari WTP ketika dibandingkan dengan kedua model bisnis yaitu Business to Consumer (B2C) dan Consumer to Consumer (C2C). Dalam penelitian ini WTP yang digunakan sebagai variabel independen meliputi empat produk yaitu Kaos, Jaket, Sepatu, dan Jam Tangan sehingga terdapat empat model regresi. Variabel independen yang digunakan adalah Trust, Risk Preference, Bad Experience, Business Model, dan Website Quality bersama variabel kontrol antara lain yaitu asal fakultas, umur, expenditure, gender dan dummy yang menunjukkan apakah responden pernah berbelanja di situs yang digunakan di dalam kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Universitas Indonesia dengan responden sebesar 330 mahasiswa/i dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen survei. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang memengaruhi WTP kaos secara signifikan hanya Risk Preference, Business Model. Variabel yang memengaruhi WTP Jaket secara signifikan adalah Trust, Risk Preference, Bad Experience, Website Quality dan Business Model. Variabel yang memengaruhi WTP Sepatu sama secara signifikan adalah Trust, Risk Preference dan Business Model. Variabel yang memengaruhi WTP Jam Tangan secara signifikan adalah Risk Preference dan Business Model. Hasil penelitian ini juga mencerminkan bahwa memang benar adanya peningkatan premium WTP antara kedua model bisnis dari WTP Jaket hingga WTP Jam Tangan, namun Premium WTP kaos lebih tinggi dari Premium WTP Jaket diantara kedua model bisnis. Ada bibliografi dan tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11.387PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekBusiness model
Electronic commerce
Willingness to pay
Online shopping
Website Quality
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxi, 50 p., 26 p. : il. ; 30 cm & lamp.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?