Text
Pengaruh cognitive responses dalam internet advertising terhadap purchase intention (Studi : Efektivitas banner ADS di Indonesia)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi respon kognitif, yang terdiri dari product/message thought, source-oriented thought, dan ad execution thought, memiliki pengaruh terhadap purchase intention dengan attitude toward ads, frequency of clicking ads, dan ads recall sebagai variabel mediasi. Penelitian ini hanya mengukur keefektivitasan iklan internet berjenis banner ads secara umum di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah pengguna internet berkewarganegaraan Indonesia yang berusia di atas 18 tahun, sejumlah 167 orang. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software LISREL 8.70. Sebagian besar hipotesis pada penelitian ini terbukti sesuai dengan penelitian sebelumnya bahwa keefektivitasan internet advertising ditunjukkan dan adanya keinginan pembelian (purchase intention) dan didukung oleh sikap pengguna internet terhadap iklan (attitude toward ads) dan frekuensi mengklik iklan (frequency of clicking ads). Sebaliknya, hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa hubungan tidak terbukti signifikan adalah product/message thought dengan frequency of clicking ads, source-oriented thought dengan attitude toward ads, serta ads recall dengan purchase intention. Dari hasil pengolahan data pada penelitian ini juga terlihat hubungan antara product/message thought dengan attitude toward ads, ad execution thought dengan frequency of clicking ads,frequency of clicking ads dengan ads recall, dan attitude toward ads dengan purchase intention memiliki hubungan positif yang paling kuat di antara hubungan antar variabel laten yang setara lainnya. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 469/13 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Indonesia Advertising Purchase intention Internet advertising Cognitive responses |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 159 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |