Sikap konsumen terhadap iklan online travel agent (OTA) pada aplikasi smartphone
Saat ini, pada era perkembangan teknologi diikuti dengan proliferasi media, perangkat seluler memainkan peranan penting sebagai medium dalam menyampaikan pesan pemasaran. Periklanan menjadi salah satu bidang yang berevolusi kearah digitalisasi. Sehingga dalam memanfaatkan situasi tersebut, advertiser harus memahami bagaimana sikap konsumen khususnya terhadap iklan yang disampaikan melalui medium perangkat seluler, agar pesan pemasaran dapat disampaikan secara efektif. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap periklanan pada aplikasi smartphone dan intensi pembelian dengan menggunakan kerangka web advertising model, flow experience, dan interaktifitas. Data penelitian dikumpulkan dari 205 responden pengguna smartphone di Indonesia dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini antara lain : Pertama, entertainment, credibility dan irritation merupakan faktor yang mempengaruhi advertising value dan flow experience. Selanjutnya, studi ini juga menyelidiki pengaruh advertising value dan flow experience terhadap sikap konsumen, dimana keduanya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Kedua, interactivity diketahui memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, namun pengaruhnya tidak signifikan terhadap flow experience. Ketiga, sikap konsumen terhadap iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian. Kesimpulan : Berdasarkan hasil studi, dapat disimpulkan bahwa advertiser perlu mempertimbangkan nilai informasi, hiburan, kredibilitas, serta pemanfaatan fitur interaktifitas khususnya dalam penyampaian pesan periklanan pada aplikasi smartphone. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 007/19 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Tidak tersedia versi lain