Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Sikap konsumen terhadap iklan online travel agent (OTA) pada aplikasi smartphone

Ignatius Heruwasto (Pembimbing/Promotor) - ; Kusumarini, Endah - ;

Saat ini, pada era perkembangan teknologi diikuti dengan proliferasi media, perangkat seluler memainkan peranan penting sebagai medium dalam menyampaikan pesan pemasaran. Periklanan menjadi salah satu bidang yang berevolusi kearah digitalisasi. Sehingga dalam memanfaatkan situasi tersebut, advertiser harus memahami bagaimana sikap konsumen khususnya terhadap iklan yang disampaikan melalui medium perangkat seluler, agar pesan pemasaran dapat disampaikan secara efektif. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap periklanan pada aplikasi smartphone dan intensi pembelian dengan menggunakan kerangka web advertising model, flow experience, dan interaktifitas. Data penelitian dikumpulkan dari 205 responden pengguna smartphone di Indonesia dengan menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian ini antara lain : Pertama, entertainment, credibility dan irritation merupakan faktor yang mempengaruhi advertising value dan flow experience. Selanjutnya, studi ini juga menyelidiki pengaruh advertising value dan flow experience terhadap sikap konsumen, dimana keduanya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Kedua, interactivity diketahui memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, namun pengaruhnya tidak signifikan terhadap flow experience. Ketiga, sikap konsumen terhadap iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian. Kesimpulan : Berdasarkan hasil studi, dapat disimpulkan bahwa advertiser perlu mempertimbangkan nilai informasi, hiburan, kredibilitas, serta pemanfaatan fitur interaktifitas khususnya dalam penyampaian pesan periklanan pada aplikasi smartphone. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 007/19PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019
Edisi-
SubjekAdvertising
Consumer attitudes
Smartphone
Travel agent
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxii, 137 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?