Text
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengembangkan jejaring terhadap kinerja UMKM yang dimediasi oleh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 95 UMKM yang ada di sentra tekstil Cipadu, Kota Tangerang, Indonesia. Dengan metode analisis SEM-PLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memediasi pengaruh kemampuan mengembangkan jejaring terhadap kinerja UMKM dan kemampuan mengembangkan jejaring juga berpengaruh positif secara signifikan terhadap orientasi kewirausahaan namun orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja. Kemampuan mengembangkan jejaring juga tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan orientasi pasar dari UMKM, memperkuat jejaring diantara UMKM dan membangun kapasitas UMKM tentang kewirausahaan serta memberi masukan buat pembuat kebijakan atau pemerintah daerah untuk membantu UMKM meningkatkan kinerjanya dengan cara melakukan pelatihan dan meningkatkan kualitas akses dan fasilitas terhadap UMKM. Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 114/19 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Entrepreneurship Market orientation Textile Networking Capabilities Entrepreneurship Orientation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XI, 131 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |