Text
Urban Form And Transport Consumption In Indonesia
Konsumsi transportasi meningkat cukup tinggi sejalan dengan ekspasi wilayah perkotaan. Berdasar compact city hypothesis, konsumsi transportasi individu seharusnya menjadi lebih efisien saat struktur wilayah perkotaan berubah. Namun, hipotesis ini hanya berpengaruh pada kasus negara-negara maju. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi di negara berkembang, khususnya Indonesia. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa compact city hypothesis tidak terjadi pada kasus Indonesia, sebab konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk meningkat. Secara spesifik, akibat adanya endegenitas bentuk wilayah perkotaan, penelitian ini menggunakan analisis IV TSLS dalam memperoleh hasil yang tidak bias. Hasil utama IV TSLS menunjukkan bahwa korelasi antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi cenderung berbentuk U?setelah mencapai titik tertentu, konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk bertambah.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 138/19 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta ., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Indonesia Transportation Population density Urban Form Transport Consumption Compact City Hypothesis |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XI, 37 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |