Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Brand Personification Akun Twitter Korporat Studi Kasus Akun Twitter Garuda Indonesia, Citilink, Telkomsel, dan XL Axiata

Chairy (Pembimbing/Promotor) - ; Singgih, Satria Setianda - ;

Platform media sosial saat ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau konsumen secara cepat dan tidak terbatas waktu. Situasi ini kemudian memunculkan peluang untuk melakukan interaksi langsung dan membangun consumer-brand relationship melalui media sosial. Penelitian ini berfokus pada penggunaan twitter account resmi milik brand yang dapat terpersonifikasikan karakter-karakternya sebagai salah satu medium untuk membangun relationship dalam jangka panjang. Industri airline dan telekomunikasi di Indonesia dipilih sebagai objek karena dinilai sebagai dua industri jasa di Indonesia yang secara nature banyak melakukan interaksi dengan publik melalui platform media sosial bahkan sebagai kanal customer service. Pengumpulan data melalui API Twitter dilakukan selama Desember 2015-Januari 2016 pada twitter account @Citilink, @IndonesiaGaruda, @Telkomsel dan XL123. Analisa konten dilakukan dengan basis lima strategi pesan (positivity, openness, sharing tasks, social networking, dan assurance) dan tiga tipe pesan (informational, socio-emotional dan instrumental). Strategi positivity dan assurance dipakai secara dominan oleh semua brands. Terjadi perbedaan signifikan di industri airline dalam pemilihan tipe pesan. @IndonesiaGaruda sebagai brand di kelas full service airline signifikan menggunakan tipe socio-emotional sedangkan @Citilink di kelas low cost carrier signifikan menggunakan tipe informational. Strategi sharing tasks dan social networking sedikit dipakai di semua brand. Strategi positivity berkorelasi positif dengan informational tweet namun sebaliknya strategi ini berkorelasi negatif dengan instrumental tweet.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 162/16PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2016
Edisi-
SubjekBrands
Social media
Twitter
Airlines
Relationship marketing
Brand Personification
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiii, 140 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?