Text
Analisis, strategy formulation and generating new business model of PT XYZ in facing electronic money competition in Indonesia
Selama lebih dari 17 tahun berdiri sebagai perusahaan penyedia jasa transaksi elektronik, PT XYZ melalui produk utamanya yaitu "ATM Bersama" telah dikenal luas dimasyarakat karena pengalamannya mengelola jaringan dan ekosistem perbankan. Melihat adanya potensi pada bisnis uang elektronik dan dukungan program dari Bank Indonesia, PT XYZ mengembangkan bisnisnya pada ranah uang elektronik (e-money) berbasis server dengan brand Mynt e-money. Namun, sejak diluncurkan di pasar pada tahun 2012, Mynt e-money tidak berkembang sesuai dengan target perusahaan dan tidak dapat berkompetisi dengan 18 penerbit uang elektronik lain. Hal ini menyebabkan dilema bagi PT XYZ strategi apa yang akan dilakukan, apakah akan bertahan pada bisnis ini atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merumuskan dan menyarankan pelaksanaan strategi yang diwujudkan dalam bisnis model baru. Dengan melakukan analisa eksternal perusahaan dengan analisa PEST, dan Porter Five Forces serta analisa internal perusahaan melalui SWOT, Business Model Canvas dan identifikasi root problem. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi permasalah serta kemampuan apa yang perlu dioptimalkan dan ditingkatkan dan ditranslasikan menjadi strategi bisnis. Dalam memudahkan dalam mapping strategi yang dijalankan oleh perusahaan, strategi baru dituangkan ke dalam sembilan elemen dasar bisnis pada Business Model Canvas dari Osterwalder-Pigneur.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 220/17 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI., 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Competition Business strategy Business model canvas Electronic money |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 107 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |