Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Faktor-faktor yang mempengaruhi behavioral intention pada generasi milenial dalam mengadopsi financial technology

Evony Silvino Violita (Pembimbing/Promotor) - ; Hanny, Feby Restu - ;

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi generasi milenial dalam mengadopsi penggunaan fintech. Ide dari penulisan penelitian ini didasari oleh penggunaan financial technology yang mengalami perkembangan pesat akhir-akhir ini. Generasi milenial dipilih sebagai objek penelitian, karena generasi ini memiliki kemampuan adaptasi yang cepat dalam menggunakan teknologi. Penelitian menggunakan kuesioner yang disebar secara online kepada 275 responden generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian ini berdasarkan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan analisisnya menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Ketiga faktor yang dianggap berpengaruh dalam menimbulkan intensi untuk mengadopsi fintech adalah harapan kinerja, harapan usaha, dan pengaruh sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ketiga faktor tersebut memengaruhi generasi milenial dalam mengadopsi fintech dan berdasarkan hasil uji parsial, masing-masing faktor secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat perilaku. Kontribusi dari penelitian ini adalah variabel moderasi yaitu tingkat pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh faktor berpengaruh positif terhadap niat perilaku untuk tingkat pendidikan di bawah Strata-1 dan Strata-1. Namun, untuk tingkat pendidikan di atas Strata-1, faktor harapan usaha dan pengaruh sosial ditemukan tidak memengaruhi niat perilaku generasi milenial dalam mengadopsi fintech. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi para pelaku fintech dan perbankan konvensional untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi pasar dari industri jasa keuangan. Seluruh penyedia jasa keuangan dan pemerintah dapat menyusun rencana kerja untuk menghadapi kebutuhan masyarakat dalam hal layanan keuangan setelah mengetahui intensi yang tinggi dari masyarakat untuk mengadopsi fintech. Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11219PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2018
Edisi-
SubjekFinancial technology
Social influence
Milenial generation
Performance expectancy
Efforts
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 116 p. : il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?