Text
Analisis faktor-faktor penentu yang berkontribusi untuk menghasilkan persepsi manfaat ewom
Fokus pemasaran yang tadinya hanya sebagai suatu penunjang untuk pencapaian sales sampai menjadi aktivitas central untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, serta pertukaran nilai bagi customer, shareholder, dan masyarakat. Di era digital ini, industri yang paling mendapat manfaatnya adalah industri kreatif, di mana informasi dan teknologi adalah faktor penting dari industri tersebut. Industri kreatif berusaha untuk menyampaikan nilai ke konsumen dalam bentuk pengalaman unik sehingga membutuhkan suatu strategi komunikasi pemasaran yang dapat menyampaikan informasi terkait nilai yang berusaha diinformasikan dengan menyeluruh. Dari seluruh industri kreatif di Indonesia, industri kuliner adalah salah satu yang memiliki perkembangan paling pesat. Fenomena yang terjadi di dunia kuliner seiring dengan perkembangan teknologi adalah semakin berkembangnya trend di mana konsumen saling berbagi informasi mengenai makanan atau tempat makan di aplikasi handphone dalam bentuk gambar, video, dan ulasan, salah satunya adalah Aplikasi Zomato, yang merupakan leader dari Aplikasi Pencari Tempat makan. Electronic Word of Mouth (eWOM) yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut tersebar dengan sangat cepat dan dengan jumlah yang banyak. Salah satu aplikasi yang sering dipakai oleh orang-orang terkait dengan kuliner adalah aplikasi pencari tempat makan, di mana menyediakan informasi terkait dengan baik buruknya suatu tempat makan, dan didukung oleh informasi pemberi ulasan dan jumlah ulasan untuk membantu konsumen dalam pengambilan keputusan. Pada studi terdahulu, Persepsi Manfaat eWOM memiliki tiga faktor : Persepsi terhadap Kredibilitas Sumber, Persepsi terhadap Valensi, dan Persepsi terhadap Banyak Ulasan. Namun belum dapat ditentukan faktor-faktor manakah yang merupakan faktor yang signifikan dalam kontribusi terhadap Persepsi Manfaat eWOM di aplikasi Zomato. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi terhadap kredibilitas sumber dan persepsi terhadap valensi memiliki kontribusi positif yang signifikan terhadap Persepsi Manfaat eWOM, namun persepsi terhadap banyak ulasan tidak memiliki memiliki pengaruh yang signifikan. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil suatu tindakan dari manajemen, yaitu Zomato sebaiknya dorongan pada pengguna Zomato untuk banyak melakukan aktivitas Like dan Share, dan dapat melakukan pengurutan dan pembagian ulasan-ulasan yang bersifat merekomendasikan sesuatu.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 348/16 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI., 2016 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Consumer atitudes Marketing communication Usefulness |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 116 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |