Text
Analisis landside operation dan simulasi discrite event pada terminal kontainer di pelabuhan Studi kasus pada terminal 3 ocean going PT Pelabuhan Tanjung Priuk
Skripsi ini membahas mengenai landside operation dan membahas penerapan strategi Truck Appointment System (TAS) melalui pendekatan simulasi discrete event pada terminal 3 ocean going di PT Pelabuhan Tanjung Priok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem perencanaan operasi di terminal 3 ocean going dan mengidentifikasi permasalahan yang ada di terminal. Selanjutnya menganalisis proses landside operation serta memberikan solusi skenario alternatif untuk permasalahan kemacetan yang ada. Parameter yang digunakan adalah rata-rata waktu total truk di sistem dan rata-rata jumlah antrian truk di sistem. Pada penelitian ini solusi yang ditawarkan adalah Truck Appointment System (TAS) dan segmentasi jalur. Solusi Truck Appointment System (TAS) dengan tingkat penggunaan 100% dapat memberikan manfaat yang terbesar dengan menurunkan rata-rata waktu total sebesar 76% dan menurunkan rata-rata waktu total pada hari sibuk sebesar 88% 151,5 menit menjadi 38,4 menit per truk. Penerapan Truck Appointment System TAS juga akan menurunkan panjang antrian truk sebesar 97% dari 162 truk menjadi 5 truk. Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11232 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2018 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Containers Operation management ports Truck oppointment systems Discrete evant simulation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 109 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |