Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Berbasis Website (Studi Kasus : Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan)

Setyo Hari Wijanto (Pembimbing/Promotor) - ; Lestari, Handayani Mutiara - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis dan sistem pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP, menganalisis proses bisnis dan sistem pengelolaan pengaduan yang berjalan di BPKP serta mengusulkan rancangan sistem pengelolaan pengaduan dan mekanisme penanganan pengaduan untuk BPKP melalui media website. Sistem pengelolaan pengaduan ini merupakan perwujudan dari peraturan pemerintah berdasarkan surat edaran Kemenpan-RB dan Peraturan Kemenpan-RB. Tujuan perancangan sistem ini adalah untuk perbaikan organisasi dengan mewujudkan apa yang menjadi visi, misi, nilai BPKP (PIONIR) dan moto BPKP sehingga tercipta good governance dan clean government. Metode yang digunakan untuk merancang sistem pengelolaan pengaduan ini adalah 4 tahap awal dari metode FAST. Tahapan yang digunakan tahap scope definition, tahap problem analysis, tahap requirement analysis dan tahap logical design. Dalam tahap scope definition sampai dengan requirement analysis menghasilkan aktivitas yang dipertahankan, aktivitas yang ditambah dan kerangka kerja PIECES yang kemudian diturunkan menjadi analisis kebutuhan dan analisis fitur. Pada logical design dibuat diagram usecase, deskripsi usecase, diagram fungsi dekomposisi, diagram konteks, diagram aliran data, spesifikasi proses, diagram hubungan entitas, kamus data dan antarmuka pengguna menurut metode pengembangan sistem dari Whitten dan Bentley. Hasil analisis adalah perancangan sistem informasi pengelolaan pengaduan berbasis website yang terdiri dari 15 tampilan user interface yaitu beranda, kirim pengaduan, register pelapor, berita terbaru, kontak, verifikasi pengaduan, register umum penerimaan pengaduan, surat jawaban, laporan tindak lanjut, monitoring tindak lanjut, monitoring penanganan, surat permintaan perlindungan, surat respon cepat, laporan penanganan, surat usulan pemberian penghargaan. User pada sistem ini yang menjadi adalah pelapor (termasuk di dalamnya pejabat penerima pengaduan di Unit Kerja) dan pejabat penerima pengaduan di Inspektorat.Ada tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 477/15PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2015
Edisi-
SubjekInternet
Information systems
Website
Design systems
Whistblowing
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 167 p. ; ill. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?