Text
Pendekatan experince economy pada pemasaran festival pariwisata : Pengaruh terhadap kepribadian festival yang dirasakan pengunjung dan reputasi festival
Pariwisata merupakan sektor terpenting bagi beberapa negara karena memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Festival sebagai bagian acara pariwisata dapat digunakan sebagai penarik kedatangan turis. Untuk kesuksesan festival, beberapa persyaratan harus dipenuhi seperti pengalaman yang berkesan, kepribadian festival yang menarik dan reputasi yang baik. Pine dan Gilmore (1998) mendeskripsikan terdapat empat dimensi dari pengalaman ekonomi (experience economy) yaitu; edukasi, hiburan, pelarian dan estetika. Dengan Structural Equation Modeling (SEM) pada data Festival Makanan Kampoeng Tempo Doeloe (206 sampel), studi ini ditujukan untuk menemukan dampak dari empat dimensi pengalaman terhadap kepribadian festival, lalu menganalisa pengaruh kepribadian festival pada reputasinya. Hasil penelitian menunjukan hiburan, edukasi dan estetika secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepribadian festival. Hasil lainnya juga menunjukan bahwa kepribadian festival berpengaruh positif secara signifikan pada reputasi festival. Penelitian ini berguna bagi pemerintah maupun pengelola acara pariwisata dalam mengelola festival.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 514/16 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2016 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Tourism marketing Festival Experience econopmy Festival personality Festival reputation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 132 p. : il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |