Text
Pengaruh Tingkat Harga Bahan Bakar Minyak Bersubsidi Dan Etnosentrisme Terhadap Perilaku Berpindah Merek
Fenomena yang dihadapi masyarakat Indonesia pada akhir tahun 2014 adalah kenaikan harga bahan bakar minyak jenis Premium akibat pemotongan subsidi.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh tingkat harga Premium terhadap perilaku berpindah merek dari produk subsidi ke produk Non-subsidi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan 142 responden yang merupakan konsumen bahan bakar minyak jenis Premium dalam kurun waktu tiga bulan terakhir dari pengambilan data.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner.Metode pengolahan data menggunakan analisis diskriminan dengan menggunakan SPSS 20.0.Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh tingkat harga bahan bakar minyak jenisPremium terhadap perilaku berpindah merek konsumen Premium.Penelitian ini juga mengungkapkan pengaruh etnosentrisme terhadap keputusan berpindah ke Pertamax atau pindah ke Non-Pertamina.Hasil penelitian menyarankan kepada Pertamina untuk senantiasa mengevaluasi kebijakan harga bahan bakar minyak jenis Premium dan memberikan pendekatan pesan yang berbeda bagi konsumen dengan tingkat kecenderungan etnosentrisme yang berbeda.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 519/15 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2015 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Brands Brand switching Price Level Ethnocentrism Petroleum price Price sesitivity Price threshold |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 107 p. ; ill. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |