Text
Strategi program bantuan pendidikan dasar dengan pemetaan karakteristik kabupaten/kota di Indonesia
Penelitian ini membahas strategi alternatif berupa pentargetan program-programbantuan pendidikan yang telah dijalankan oleh pemerintah diantaranya BantuanOperasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BKM). Dilakukananalisis klaster untuk memetakan 497 kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik pendidikan dasarnya. Pembentukan klaster menggunakan k-means clustering pada 8 variabel yaitu APS SD, APS SMP, Angka Melek Huruf, Lama Sekolah rata-rata, Jumlah Sarana SD, Jumlah Sarana SMP, Jumlah Guru SD dan Jumlah Guru SMP. Hasilnya terbentuk 5 klaster dengan kesamaan karakteristik, yang kemudian disusun strategi bantuan pendidikan yang sesuai untuk masing-masing klaster. Perhitungan Data Indeks Pendidikan juga dilakukan sebagai validasi hasil klaster. Hasil Indeks Pendidikan sejalan dengan asumsi hasil klaster yaitu mengarah pada klaster-4 sebagai klaster terbaik, dilanjutkan oleh klaster-3, klaster-1, klaster-2 dan terakhir klaster-5.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 548/15 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Program Studi Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis U., 2015 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Poverty Cluster analysis Mapping Student financial aid Education index |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xvi, 92 p. : ill. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |