Text
Logistics Services Marketing: The Influence of Logistic Service Quality, Brand Satisfaction, and Brand Trust on Customer Loyalty
Industri logistik dengan cepat menjadi salah satu industri yang paling menjanjikan di Indonesia, yang menurut beberapa penelitian dan perkiraan memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan sebesar US$300,3 miliar pada tahun 2024 dan pasarnya sendiri diperkirakan mencapai US$138,4 Miliar pada tahun 2026. Dengan kehadiran E-commerce di Indonesia, dan meningkatnya jumlah start-up logistik baru di tanah air, bisnis logistik menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya untuk bersaing menjadi layanan logistik terbaik yang dapat bermitra dengan pelanggan. Karena jumlah perusahaan rintisan logistik baru yang terus bertambah untuk merebut pangsa pasar, pelanggan setia menjadi lebih mahal untuk dimiliki. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan penyedia jasa logistik terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori kualitas layanan logistik dan loyalitas pelanggan, serta kepuasan merek dan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini berhasil mendapatkan 186 responden yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner online. Analisis data yang terkumpul dilakukan dengan metode partial least square dari pemodelan persamaan struktural dan diuji menggunakan software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas personel, informasi, dan pesanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan merek sedangkan kualitas layanan logistik operasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan merek dan kepercayaan merek. Selain itu, kepuasan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas sikap dan perilaku, sedangkan kepuasan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan merek. Juga ditemukan bahwa ada signifikansi ketika personel, informasi, dan kualitas pesanan dan kualitas layanan logistik operasional dimediasi melalui kepuasan merek untuk berdampak pada loyalitas sikap dan perilaku tetapi tidak signifikan ketika dimediasi melalui kepercayaan merek. Namun, kepercayaan merek ditemukan tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap loyalitas sikap dan perilaku. Bagi penyedia jasa logistik, penelitian ini memberikan pemahaman tentang dampak dari kinerja kualitas layanan logistik yang baik untuk mengubah pelanggan menjadi loyal dengan memuaskan mereka dengan setiap kualitas layanan logistik yang diberikan kepada mereka..Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
13210 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI., 2021 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Customer loyalty Logistic |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 119 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |