Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

The Role of Education and Quality of Institutions for Economic Development of Developed and Developing Countries: Multi-level Data Analysis

Gemellia, Hashifa - ; Isfandiary Djafaar S.E., M.Soc.Sc. (Pembimbing/Promotor) - ;

Dilatarbelakangi oleh isu kesenjangan perkembangan ekonomi antara negara-negara di dunia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan pendidikan dan kualitas kelembagaan terhadap perkembangan ekonomi negara maju dan negara berkembang dalam tiga tingkat analisis yang berbeda, dan membandingkan efeknya dengan faktor-faktor determinan lain. Dengan menggunakan pendekatan System Generalized Method of Moments dengan 330 pengamatan di 22 negara dari tahun 2005 hingga 2019, penulis menemukan, dalam tingkat agregat, dampak positif dari pendidikan terhadap pertumbuhan PDB per kapita dalam jangka pendek, sementara untuk kualitas kelembagaan dampaknya adalah negatif. Secara terpilah (disaggregated), pendidikan tidak mempengaruhi pertumbuhan PDB per kapita dari negara maju maupun negara berkembang, meskipun tetap menunjukkan tanda koefisien yang positif. Selain itu, kualitas kelembagaan ditemukan berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan PDB per kapita negara berkembang, sementara ia memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan PDB per kapita negara maju. Hasil analisis masing-masing negara secara individu menunjukkan tanda koefisien campuran (positif dan negatif) baik untuk variabel pendidikan maupun kualitas kelembagaan di seluruh sampel. Namun, jika dibandingkan dengan faktor-faktor determinan lain, pendidikan dan kualitas kelembagaan merupakan dua faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan PDB per kapita. Hasil-hasil berikut menunjukkan bahwa peningkatan pendidikan dan kualitas kelembagaan tidak selalu menghasilkan kesejahteraan ekonomi yang lebih baik bagi suatu negara seperti yang diyakini oleh pendapat populer. Menghadiri satu tahun tambahan di sekolah dan peningkatan angka tahun sekolah yang diharapkan tidak selalu menjamin peningkatan kesejahteraan. Selain itu, kualitas kelembagaan yang buruk bisa jadi menguntungkan bagi negara-negara dengan aktivitas ekonomi bawah tanah (underground economy) yang tinggi..Ada Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13262PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI 2022
Edisi-
SubjekEconomic development
Education
GDP per Capita Growth
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 94 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?