Text
Strategi integrated marketing communication: suatu penelitian pada bisnis GSM seluler PT. Indosat, TBK.
Saat penulisan tesis ini, GSM tercatat sebagai sistem jaringan seluler paling laris saat ini. GSM Association menyatakan bahwa angka pengguna jaringan tersebut mencapai 1 miliar pada akhir tahun 2004, yang berarti 1/7 dari total seluruh penduduk bumi. Di Indonesia, GSM menguasai 98% pangsa seluler pada tahun 2002, dan penambahan jumlah pelanggan setiap tahunnya. Kesuksesan ponsel GSM semakin terlihat pada akhir tahun 2002 ditandai dengan jumlah pelanggan fix line sebesar 8 juta pelanggan dapat dilampaui oleh pelanggan seluler sekitar 11 juta pelanggan. Pada tahun 2003, PT Indosat melakukan merger vertical antara Satelindo, dan IM3 yang memfokuskan diri pada bisnis telepon selular. Perubahan medan persaingan ini membuat posisi PT Indosat sebagai market challenger semakin menguat dan bahkan bisa jadi akan merebut posisi market leader yang selama ini dipegang oleh PT Telkomsel. Untuk mencapai tujuan ini, PT Indosat perlu mengembangkan strategi pemasarannya untuk mempertahankan pangsa pasar yang telah ada dan merebut pangsa pasar yang selama ini dikuasai oleh lawan. Dalam hal ini yang menjadi masalah utama apakah dengan menerapkan IMC akan mempengaruhi tingkat penjualan produk GSM selular PT Indosat sehingga dapat membantu PT Indosat untuk mencapai tujuannya.Penelitian ini bersifat penjelasan (explanatory), yang bertujuan untuk memahami suatu masalah atau situasi dam menjelaskan suatu keadaan. Dalam hal ini penjelasan diperlukan untuk mengetahui pengaruh periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct merketing), sitem promosi penjualan (sales promotion), humas/publisitas (PR/publicity), dan personal selling terhadap pengembangan program IMC PT Indosat (IMC Program development). Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan GSM selular PT Indosat.Pengambilan sampel didasarkan pada para pelanggan dan calon pelanggan PT Indosat yang berada di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan metode sampling, dan metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dalam bentuk convenience sampling.Dari kelima program IMC diatas setelah melakukan pengolahan data diperoleh hasil hanya variabel promosi penjualan dan penjualan perorangan yang memiliki pengaruh signikfikan terhadap tingkat penjualan produk GSM Indosat. Sedangkan variabel periklanan, pemasaran langsung, dan humas/publisitas tidak banyak berpengaruh secara signifikan menyangkut produk GSM seluler PT Indosat. Namun hal ini tidak berarti variabel tersebut dapat diabaikan, karena ketiga variabel itu dapat membantu terjalinnya hubungan jangka panjang, dan menanamkan image positif terhadap produk GSM seluler PT Indosat.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 0347 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | ., |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | - |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |