Text
Pengaruh merek dan harga produk terhadap persepsi kualitas, persepsi nilai, dan kesediaan konsumen membeli: suatu studi kasus produk susu untuk ibu hamil
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin terbukanya persaingan membuat banyak sekali merk ditawarkan oleh produsen dalam satu kategori produk. Sehingga membuat konsumen menghadapi kendala dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Karena keterbatasan waktu dan biaya untuk melakukan evaluasi kualitas produk sebelum membeli pada akhir konsumen mengandalkan sinyal produk untuk mengevaluasi kualitas produk yang saling bersaing tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui pengaruh harga produk terhadap persepsi kualitas (perceived quality), persepsi nilai (perceived value) dan kesediaan konsumen membeli (willingness to buy). 2). mengetahui pengaruh merk terhadap persepsi kualitas (perceived quality), persepsi nilai (perceived value) dan kesediaan konsumen membeli (willingness to buy), pada setiap tingkat harga. 3.) mengetahui kekonsistenan pengaruh merk terhadap persepsi kualitas (perceived quality), persepsi nilai (perceived value) dan kesediaan konsuman membeli (willingness to buy), pada setiap tingkat harga.Obyek penelitian yang digunakan adalah produk Susu untuk Ibu Hamil. Dan dari hasil penelitian pendahuluan tingkat faktor merk yang digunakan adalah Prenagen (sebagai merk bagus) dan SUN Ibu ( sebagai merk kurang bagus). Sedangkan tingkat faktor harga adalah Rp 24.000/ 400 gr ( sebagai harga murah) dan Rp 48.000/ 400 gr ( sebagai harga mahal). Hasil penelitian ini diolah menggunakan metode Manova dan hasilnya adalah pengaruh utama faktor harga terhadap persepsi konsumen mengenai kualitas produk, persepsi nilai dan kesediaan membeli tidak signifikan. Hal ini diduga disebabkan karena konsumen telah familiar dengan merk produk. Dugaan lain, responden tidak begitu memperhatikan harga ketika mengisi kuesioner, tetapi hanya memperhatikan merk produk.Merk memiliki pengaruh signifikan terhadap respon multivariat dengan komponen persepsi kualitas dan kesediaan membeli, pada setiap tingkat harga. Merk juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap respon univariat persepsi kualitas dan kesediaan membeli, pada setiap tingkat harga.Pada tingkat harga yang sama, merk yang bagus (Prenagen) dipersepsikan konsumen memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan merk yang kurang bagus ( SUN Ibu). Demikian juga pada tingkat harga yang sama, konsumen memiliki kesediaan membeli yang lebih tinggi terhadap produk bermerk bagus (Prenagen) dibandingkan terhadap produk bermerk kurang bagus (SUN Ibu). Sedangkan pengaruh merk terhadap persepsi konsumen mengenai nilai produk (percieved value) tidak signifikan. Hal ini diduga disebabkan oleh menguatnya pengaruh harga terhadap persepsi nilai dengan bertambahnya informasi merk. Terutama pada produk Susu untuk Ibu Hamil dengan merk kurang bagus. Harga yang murah ( Rp. 24.000,-/ 400 gr) pada produk dengan merk kurang bagus ( SUN Ibu) telah meningkatkan persepsi konsumen terhadap nilai produk tersebut. Yang pada akhirnya membuat pengaruh merk terhadap persepsi nilai konsumen menjadi tidak signifikan.Sehingga dari penelitian ini disimpulkan bahwa merk merupakan faktor yang lebih penting untuk mempengaruhi persepsi konsumen mengenai kualitas dan kesediaan membeli konsumen.Sehingga kepada pemasar produk Susu untuk Ibu Hamil disarankan untuk lebih memperhatikan merk, dan selalu mengembangkan merk produknya agar memiliki brand image yang bagus.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 0412 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2004 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | - |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |