Text
Pengaruh dimensi kualitas jasa dan kualitas relasional terhadap loyalitas ( Penelitian pada rumah sakit ibu dan anak )
Kondisi persaingan dunia usaha semakin ketat sehingga perusahaan dituntut untuk bisa menerapkan strategi agar bisa memenangkan pelanggan. Strategi yang dapat diterapkan dalam memenangkan persaingan tersebut yaitu melalui pemasaran relasional. Fokus dari pemasaran relasional yaitu bagaimana cara membangun, mempertahankan hubungan jangka panjang serta memenangkan pelanggan yang menguntungkan. Loyalitas merupakan tujuan utama dari pemasaran relasional dan bahkan diartikan sama dengan pemasaran relasional itu sendiri. Faktor penggerak dari loyalitas dapat ditentukan melalui pendekatan kualitas relasional. Para peneliti telah membuat suatu kesepakatan umum bahwa kepuasan pelanggan, kepercayaan dan komitmen terhadap penyedia jasa merupakan komponen utama dari kualitas relasional. Selain itu, hasil penelitian juga telah menunjukkan bahwa kualitas jasa merupakan determinan utama dari kepuasan pelanggan yang merupakan bagian dari kualitas relasional. Dimensi kualitas jasa yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan penelitian parasuraman et al yaitu tangible, responsibility, reliability, assurance dan emphaty. Penelitian ini meneliti peranan dimensi kualitas jasa dan kualitas relasional terhadap loyalitas dengan mengambil obyek penelitian sektor jasa kesehatan, khususnya Rumah Sakit Ibu dan Anak. Responden yang digunakan yaitu 170 ibu hamil. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan confirmatory factor analysis yaitu melalui Structural Equation Modeling (SEM), dengan perangkat lunak LISREL 8.54. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa dimensi kualitas jasa yang tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan yaitu reliability dan emphaty. Selain itu, ditemukan juga bahwa tidak terdapat pengaruh langsung antara kepuasan terhadap komitmen dan kepuasan terhadap loyalitas. Akan tetapi kepuasan menggerakkan loyalitas melalui variabel mediasi kepercayaan dan komitmen..03 januari 2008
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 0583 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2008 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Kualitas relasional Kualitas jasa |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |