Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh dimensi kualitas jasa dan kualitas relasional terhadap loyalitas ( Penelitian pada rumah sakit ibu dan anak )

Dr. Chairy (Penguji) - ; Dr. Firmanzah (Penguji) - ; Prof. Dr. Sofjan Assauri (Pembimbing/Promotor) - ; Prof. Dr. Sofjan Assauri (Penguji) - ; Siahaan, Nataliawati - ;

Kondisi persaingan dunia usaha semakin ketat sehingga perusahaan dituntut untuk bisa menerapkan strategi agar bisa memenangkan pelanggan. Strategi yang dapat diterapkan dalam memenangkan persaingan tersebut yaitu melalui pemasaran relasional. Fokus dari pemasaran relasional yaitu bagaimana cara membangun, mempertahankan hubungan jangka panjang serta memenangkan pelanggan yang menguntungkan. Loyalitas merupakan tujuan utama dari pemasaran relasional dan bahkan diartikan sama dengan pemasaran relasional itu sendiri. Faktor penggerak dari loyalitas dapat ditentukan melalui pendekatan kualitas relasional. Para peneliti telah membuat suatu kesepakatan umum bahwa kepuasan pelanggan, kepercayaan dan komitmen terhadap penyedia jasa merupakan komponen utama dari kualitas relasional. Selain itu, hasil penelitian juga telah menunjukkan bahwa kualitas jasa merupakan determinan utama dari kepuasan pelanggan yang merupakan bagian dari kualitas relasional. Dimensi kualitas jasa yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan penelitian parasuraman et al yaitu tangible, responsibility, reliability, assurance dan emphaty. Penelitian ini meneliti peranan dimensi kualitas jasa dan kualitas relasional terhadap loyalitas dengan mengambil obyek penelitian sektor jasa kesehatan, khususnya Rumah Sakit Ibu dan Anak. Responden yang digunakan yaitu 170 ibu hamil. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan confirmatory factor analysis yaitu melalui Structural Equation Modeling (SEM), dengan perangkat lunak LISREL 8.54. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa dimensi kualitas jasa yang tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan yaitu reliability dan emphaty. Selain itu, ditemukan juga bahwa tidak terdapat pengaruh langsung antara kepuasan terhadap komitmen dan kepuasan terhadap loyalitas. Akan tetapi kepuasan menggerakkan loyalitas melalui variabel mediasi kepercayaan dan komitmen..03 januari 2008


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 0583PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2008
Edisi-
SubjekKualitas relasional
Kualitas jasa
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?