Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Downward influence in leader-member relations in professional service firm

Dr. Budi W. Soetjipto (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Budi W. Soetjipto (Penguji) - ; Estria, Nisya - ; Dr. Anh Dung Do (Penguji) - ; Aryana Satrya, Ph.D. (Penguji) - ;

Studi penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengeksplorasi penggunaan Influence Tactics, yang digunakan dalam hubungan atasan dan bawahan di perusahaan jasa professional, yang dapat mempengaruhi kualitas hubungan antara pemimpin dan bawahan mereka (LMX). Perusahaan jasa profesional cenderung untuk bekerja bersama dalam tim, dan anggota tim terus berubah sesuai dengan kebutuhan klien. Tanggapan dan hasil anggota tim juga diasosiasikan dengan kualitas di LMX. Oleh karena itu, dikembangkanlah model yang menghubungkan lima unsur yang meliputi: 1) persepsi para pemimpin terhadap kualitas LMX, 2) penggunaan influence tactics oleh para pemimpin, 3) persepsi para bawahan atau anggotanya terhadap kualitas LMX, 4) tanggapan dari anggota , dan juga 5) kinerja bawahan atau anggota dalam sebuah perusahaan jasa profesional. Kontribusi utama dalam penelitian ini adalah kesenjangan studi pada tahun 2002, dimana penelitian serupa mengenai peran mediasi dari penggunaan berbagai influence tactic pada hubungan atasan dan bawahan dan persepsi anggota kepada kualitas LMX; serta tanggapan anggota kepada influence attempts pemimpin antara persepsi anggota terhadap kualitas hubungan atasan-bawahan dan kinerja anggota. Namun pada tahun 2002, penelitian dilakukan pada hierarchical organization, dimana pada studi ini pada kepemimpinan tim dalam suatu perusahaan jasa profesional yang mungkin memiliki hasil yang berbeda. Data yang dikumpulkan diperoleh dari 200 kuesioner yang tersebar ke pasangan atasan dan bawahan dalam sebuah tim. Kuesioner ini tersusun menjadi 100 pasang atasan dan bawahan di Ernst and Young, PT. Purwantono, Suherman, Surja Akuntan Publik. Data yang dikumpulkan kemudian diuji untuk hubungan hipotesis model menggunakan Baron dan Kenny (1986) prosedur regresi dimediasi. Penelitian ini menghasilkan jawaban atas kesenjangan mengenai pengaruh influence tactics dalam hubungan atasan-bawahan dan respon dari anggota di dalam sebuah perusahaan jasa professional, juga hubungannya dengan kualitas hubungan atasan-bawahan akan membawa dampak apa terhadap kinerja anggotanya. Dalam hasil ditunjukkan bahwa inspirational appeal, serta pressure tactic-lah yang paling spesifik mempengaruhi anggota untuk melakukan tugas mereka, namun setiap tanggapan dari bawahan berbeda. Hal ini berbeda dengan hierarchical organization di mana inspirational appeal serta consultation tactic ialah yang paling berpengaruh..11 Juli 2011


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 0826PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2011
Edisi-
SubjekLMX
Downward influence
Professional service firm
Tactics.
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?