Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis Faktor yang mempengaruhi Keinginan untuk Mengalihkan Dana dari Produk Tradisional menuju Produk Berbasis Crowdfunding pada Nasabah Perbankan Syariah

Qonita, Farah - ; Permata Wulandari M.Si. (Pembimbing/Promotor) - ;

Perkembangan crowdfunding platforms di Indonesia yang saat ini semakin pesat dalam menyalurkan pembiayaan dinilai dapat menjadi peluang bagi perbankan syariah untuk bekerja sama dengan perusahaan crowdfunding syariah dalam mengembangkan produk keuangan berbasis crowdfunding. Kerja sama tersebut dinilai dapat bermanfaat bagi perbankan syariah untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengelola dana investasi nasabah. Selain itu, kerja sama tersebut juga dapat memberikan manfaat untuk nasabah perbankan syariah berupa kemudahan dalam berinvestasi. Dalam mengembangkan produk berbasis crowdfunding, perbankan syariah perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membuat nasabah tertarik untuk berinvestasi menggunakan sistem crowdfunding sehingga mendorong mereka untuk mengalihkan dana mereka dari produk tradisional (seperti : tabungan, deposito, dan lainnya) menuju produk berbasis crowdfunding. Model dalam penelitian ini merupakan hasil modifikasi TAM dengan menambahkan variabel perceived credibility, convenience, service quality, dan knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendorong keinginan nasabah perbankan syariah untuk mengalihkan dana mereka dari produk tradisional menuju produk berbasis crowdfunding serta efek mediasi dari attitudes towards switching terhadap faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor tersebut akan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran self-administered questionnaire kepada 300 nasabah perbankan syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa knowledge, perceived credibility, dan perceived usefulness dapat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung, perceived ease of use ditemukan memiliki pegaruh tidak langsung, dan convenience memiliki pengaruh langsung terhadap intention to switch..Ade Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11547PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019
Edisi-
SubjekBanking
Islamic banking
Crowdfunding
Investation
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi FisikXVI, 162 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?