Text
Analisis Faktor yang mempengaruhi Keinginan untuk Mengalihkan Dana dari Produk Tradisional menuju Produk Berbasis Crowdfunding pada Nasabah Perbankan Syariah
Perkembangan crowdfunding platforms di Indonesia yang saat ini semakin pesat dalam menyalurkan pembiayaan dinilai dapat menjadi peluang bagi perbankan syariah untuk bekerja sama dengan perusahaan crowdfunding syariah dalam mengembangkan produk keuangan berbasis crowdfunding. Kerja sama tersebut dinilai dapat bermanfaat bagi perbankan syariah untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengelola dana investasi nasabah. Selain itu, kerja sama tersebut juga dapat memberikan manfaat untuk nasabah perbankan syariah berupa kemudahan dalam berinvestasi. Dalam mengembangkan produk berbasis crowdfunding, perbankan syariah perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membuat nasabah tertarik untuk berinvestasi menggunakan sistem crowdfunding sehingga mendorong mereka untuk mengalihkan dana mereka dari produk tradisional (seperti : tabungan, deposito, dan lainnya) menuju produk berbasis crowdfunding. Model dalam penelitian ini merupakan hasil modifikasi TAM dengan menambahkan variabel perceived credibility, convenience, service quality, dan knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendorong keinginan nasabah perbankan syariah untuk mengalihkan dana mereka dari produk tradisional menuju produk berbasis crowdfunding serta efek mediasi dari attitudes towards switching terhadap faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor tersebut akan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran self-administered questionnaire kepada 300 nasabah perbankan syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa knowledge, perceived credibility, dan perceived usefulness dapat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung, perceived ease of use ditemukan memiliki pegaruh tidak langsung, dan convenience memiliki pengaruh langsung terhadap intention to switch..Ade Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11547 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Banking Islamic banking Crowdfunding Investation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XVI, 162 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |