Text
Automobile and motorcycle traffic using national roads in Indonesian cities: is it local, or going beyond the city boundary?
Makalah ini mengkaji mengenai keterkaitan pemakaian kendaraan pribadi antarkota yang bertetangga. Kendaraan pribadi yang dimaksud dalam makalah ini adalah mobil dan motor pribadi. Tingkat pemanfaatan dari kendaraan pribadi tersebut ditunjukan dengan menggunakan variable Vehicle Kilometer Traveled (VKT) baik untuk mobil maupun motor. Selanjutnya, spatial lag dan spatial error model digunakan untuk menyelidiki hubungan spasial antarkota. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa penggunaan motor memiliki karakteristik lokal dikarenakan hasil model menunjukan tidak ada indikasi adanya keterkaitan antarkota untuk penggunaan motor. Sebaliknya untuk penggunaan mobil pribadi terindikasi adanya keterkaitan antarakota yang bertetangga meskipun tidak terlalu kuat. Model yang digunakan juga menunjukan bahwa kapasitas jalan, harga bensin, PDRB per kapita, kepadatan penduduk, ukuran kota, jumlah bus umum, dan kepadatan penduduk yang bekerja berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan motor dan mobil di suatu kota. Hasil temuan ini menunjukan bahwa mendesain kebijakan untuk transpotasi perkotaan di jalan nasional di Indonesia secara umum belum terlalu rumit sebab pemecahan persoalan secara lokal masih cukup efektif untuk menangani masalah di lalu lintas jalan nasional di suatu kota. .10 Agustus 2012
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
EK 0861 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2012 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Urban transportation Spatial error model Spatial lag model National Roads |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | viii, 29p, ills, 29 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |