Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis pengaruh adoption readiness, habit dan price terhadap behavioral intention pengguna mobile payment jenis NFC di indonesia

Dr. Ignatius Heruwasto (Penguji) - ; Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff MBA (Penguji) - ; Pembayun, Indhira Ratri - ; Daniel Tumpal H. Aruan, Ph.D (Pembimbing/Promotor) - ;

Pertumbuhan penggunaan ponsel di Indonesia cukup luas, ditambah dengan kemunculan ponsel cerdas atau biasa kita sebut sebagai smartphone. Berbagai macam kebutuhan masyarakat yang harus diselesaikan secara manual pun secara perlahan dapat diselesaikan melalui teknologi digital. Dalam penelitian ini, contohnya adalah pengaruh munculnya sistem pembayaran melalui telepon genggam atau disebut sebagai mobile payment yang dilengkapi dengan berbagai jenis teknologi pendukung. NFC atau near field communication merupakan salah satu teknologi pendukung sistem pembayaran yang kini muncul di Indonesia. Penggunaan sistem pembayaran ini terhitung cukup rumit karena mengandalkan lebih dari satu perangkat, namun jumlah penggunanya diketahui tidak kalah banyak dengan pengguna mobile payment dengan teknologi pendukung yang lebih sederhana seperti QR code. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memprediksi penggunaan sistem pembayaran mobile dengan jenis NFC ini melalui tiga faktor, yaitu Adoption Readiness, Habit, dan Price yang kemudian ketiga faktor tersebut akan dianalisa bagaimana pengaruhnya terhadap Behavioral Intention atau niat prilaku pengguna sistem pembayaran tersebut. Pada hasil penelitian ini diketahui bahwa Adoption Readiness menjadi faktor yang paling berpengaruh pada penggunaan sistem pembayaran jenis NFC ini. Selain itu, diketahui dalam penelitian ini bahwa Habit ikut membentuk konstruk Adoption Readiness pada pengaruhnya dalam niat prilaku konsumen dalam penggunaan sistem pembayaran mobile jenis NFC tersebut..15/01/2019


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1264PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Universitas Indonesia 2018
Edisi-
Subjekprice
Behavioral intention
Mobile Payment
Millennials
Habit
Adoption
Readiness
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxi, 143 p. : ill. ; 29 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?