Text
Pengaruh multidimensional perceived value terhadap purchase intention sayuran organik
Selama beberapa tahun terakhir, pasar global makanan organik termasuk sayuran organik mengalami pertumbuhan. Hal ini salah satunya didorong oleh adanya kekhawatiran konsumen tentang masalah lingkungan dan kesehatan, terutama dalam hal makanan yang dikonsumsi. Sayuran organik dinilai lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan karena sayuran organik diproses tanpa pestisida, pupuk kimia, genetically modified food (GMO), dan zat aditif. Meningkatnya konsumsi dan pasar organik di Indonesia sendiri juga menarik minat peneliti untuk mencari tahu faktor?faktor yang mempengaruhi niat pembelian terhadap sayur organik. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk sebuah model penelitian berdasarkan pengaruh multidimensional perceived value yang terdiri dari functional value, economic value, sosial value, emotional value, dan conditional value pada purchase intention sayuran organik. Pendekatan secara kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Survei atau kuesioner berhasil disebarkan kepada 383 responden. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisi Structural Equation Modeling atau SEM. Hasil yang ditemukan, economic value dan emotional value berpengaruh terhadap purchase intention. Hasil ini menunjukkan bahwa dalam niat pembelian konsumen terhadap sayuran organik diwakili oleh manfaat ekonomi yaitu manfaat yang dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan dan juga manfaat emosional yang membuat perasaan konsumen menjadi positif ketika akan melakukan pembelian sayuran organik..14/08/2020
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1394 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2020 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Perceived value Purchase intention organic vegetables |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xi, 111p; chart, tables, graphics, ills; 29cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |