Text
The Influence Of Website Quality Factors And Product Related Factors On Repurchase Intention Of E-Commerce Consumers
E-commerce adalah masa depan industri ritel. Pertumbuhan eksponensial mereka telah menjadi pusat pendapatan online dalam 10 tahun terakhir, terutama di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tertinggi dalam transaksi E-commerce online beserta jumlah perusahaan ritel online. Di Indonesia, tiga perusahaan yang menonjol dalam hal kunjungan situs web dan tingkat pertumbuhan mereka yaitu Bukalapak, Shopee dan Tokopedia. Dengan adanya tingkat persaingan yang tinggi dalam industri, tiga perusahaan ini harus mengetahui preferensi konsumer dalam berbagai aspek E-commerce, terutama mekanisme promosi perusahaan. Mekanisme promosi perusahaan E-commerce harus diprioritaskan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Namun, mekanisme promosi untuk meningkatkan loyalitas konsumen belum disepakati oleh berbagai penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penentu utama loyalitas E-commerce dalam pembentukkan niat pembelian kembali. Dengan demikian, penelitian ini menggabungkan dua model yang menambahkan faktor website quality dan product related factors dalam mengukur efek keduanya terhadap repurchase intention melalui perceived consumer and seller relationship value and perceived value. Faktor website quality meliputi system quality, information quality dan E-service quality. Penelitian ini menggunakan 298 responden dari survei yang dilakukan di beberapa daerah di Indonesia yaitu di Medan, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Bali dan Makassar. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode partial least square structural equation modelling dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.8. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa system quality dan E-service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived consumer and seller relationship value sedangkan information quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Perceived quality dan price competitiveness memiliki efek langsung terhadap perceived value sementara perceived price competitiveness memiliki efek langsung terhadap perceived quality. Perceived consumer and seller relationship value dan perceived value memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention dari konsumer Bukalapak, Shopee and Tokopedia..Ade Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11611 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2018 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Commerce E Repurchase intention Website Quality Product Related Factors |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XVIII, 191 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |