Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Menjadi Halalpreneur

Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Zayyan, Putri Farras - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menjadi halalpreneur dengan melihat berdasarkan 5 indikator yaitu 1) attitude yang terdiri atas awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk-taking attitude, relative advantage, and perceived desirability, 2) subjective norm yang terdiri atas family support and peer influence, dan 3) perceived behavioral control yang terdiri atas perceived feasibility and government support. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara online kepada 231 responden yang termasuk dalam kategori mahasiswa tingkat akhir dari seluruh Universitas di Indonesia yang pernah memiliki usaha. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan diolah menggunakan Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and innovation, perceived desirability, family support, perceived feasibility, dan perceived governmental support memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halal entrepreneurship, honesty and integrity. risk-taking attitude, relative advantage,dan peer influence tidak memiliki pengaruh terhadap halalpreneurial propensity. Penelitian ini sekaligus sebagai langkah awal dalam memahami kognitif proses mahasiswa tingkat akhir dalam memulai bisnis halal. Melalui identifikasi faktor-faktor motivasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia dalam mempromosikan halalpreneur melalui penyesuaian taktik dan strategi dilakukan untuk mendorong halalpreneur di kalangan mahasiswa..Ade Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11616PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019
Edisi-
SubjekMotivation
Enterpreneurship
Student
Halalpreneur
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi FisikXV, 177 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?