Text
Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Untuk Menjadi Halalpreneur
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menjadi halalpreneur dengan melihat berdasarkan 5 indikator yaitu 1) attitude yang terdiri atas awareness of halal entrepreneurship, intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and motivation, honesty and integrity, risk-taking attitude, relative advantage, and perceived desirability, 2) subjective norm yang terdiri atas family support and peer influence, dan 3) perceived behavioral control yang terdiri atas perceived feasibility and government support. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner secara online kepada 231 responden yang termasuk dalam kategori mahasiswa tingkat akhir dari seluruh Universitas di Indonesia yang pernah memiliki usaha. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan diolah menggunakan Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intrinsic motivation, effort to seek out opportunity, creativity and innovation, perceived desirability, family support, perceived feasibility, dan perceived governmental support memiliki pengaruh positif terhadap halalpreneurial propensity. Sedangkan awareness of halal entrepreneurship, honesty and integrity. risk-taking attitude, relative advantage,dan peer influence tidak memiliki pengaruh terhadap halalpreneurial propensity. Penelitian ini sekaligus sebagai langkah awal dalam memahami kognitif proses mahasiswa tingkat akhir dalam memulai bisnis halal. Melalui identifikasi faktor-faktor motivasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia dalam mempromosikan halalpreneur melalui penyesuaian taktik dan strategi dilakukan untuk mendorong halalpreneur di kalangan mahasiswa..Ade Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11616 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Motivation Enterpreneurship Student Halalpreneur |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XV, 177 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |