Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan intensi pembelian kembali makanan berlabel halal melalui aplikasi GoFood dan GrabFood

Sri Rahayu Hijrah Hati, SE.,MSi., Ph.D (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin, Ph.D (Penguji) - ; Kholilah, Siti - ; Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ;

Segala aspek kehidupan umat muslim telah diatur dalam hukum Islam termasuk perilaku konsumsi. Muslim harus mengkonsumsi makanan halal. Namun, kini banyak aplikasi pemesanan makanan sehingga konsumen dapat membeli makanan secara online. GoFood dan GrabFood merupakan dua aplikasi pemesanan makanan online yang paling sering digunakan oleh konsumen di Indonesia. Beberapa restoran telah mencantumkan label halal MUI di aplikasi GoFood dan GrabFood. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor pengetahuan halal, manfaat label halal, identitas agama dan kepercayaan konsumen terhadap sikap dan intensi pembelian kembali makanan berlabel halal melalui aplikasi GoFood dan GrabFood. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 209 responden yang merupakan konsumen muslim dan pernah membeli makanan dari restoran yang mencantumkan label halal pada aplikasi GoFood atau GrabFood. Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan sebagai metode analisis data. Hasil dari analisis diketahui label halal memiliki hubungan pengaruh positif dan signifikan dengan kepercayaan konsumen, sikap serta intensi pembelian makanan berlabel halal. Identitas agama dan kepercayaan konsumen secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap sikap terhadap makanan berlabel halal. Selanjutnya, sikap terhadap makanan halal secara positif memengaruhi intensi pembelian kembali makanan berlabel halal melalui aplikasi GoFood dan GrabFood..04/08/2021


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1446PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2021
Edisi-
SubjekHalal food
Online Food Delivery
Halal Label
muslim consumer behavior
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxiv, 126p; chart, tables, graphics, ills; 29cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?